Kementerian BUMN Finalisasi Pembentukan Holding Bank Bulan Ini

Ameidyo Daud Nasution
2 Mei 2017, 13:12
Bank BUMN
Arief Kamaludin (Katadata)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara menargetkan pembentukan perusahaan induk (holding) perbankan bisa dilakukan bulan ini. Saat ini kementerian masih menyelesaikan seluruh proses terkait pembentukan holding ini.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Kasa Survei, dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan pihaknya akan menggelar satu sesi terakhir, dengan melakukan grup diskusi terarah atau focus group discussion (FGD). Diskusi ini akan dilakukan pada pekan ini dengan melibatkan para direktur utama perbankan plat merah.

Menurut Gatot, secara kelembagaan, baik Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Otoritaa Jasa Keuangan (OJK) telah setuju dengan konsep holding jasa keuangan ini. "Mei ini kami sudah siap, dari sisi internal serta pemasukan kita selesaikan," kata Gatot akhir pekan lalu di Bogor.

(Baca: DPR Belum Sepakat, Pembahasan Payung Hukum Holding BUMN Berlanjut)

Nantinya, holding ini akan beranggotakan empat bank BUMN, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, serta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kemudian ada dua BUMN jasa keuangan lain yang masuk di dalamnya yakni PT Permodalan Nasional Madani (Persero) serta PT Pegadaian (Persero). 

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...