Laporan Keuangan KKP Bermasalah, BPK Tunggu Klarifikasi Lanjutan

Asep Wijaya
22 Mei 2017, 16:03
Dialog Optimalisasi Sektor Perikanan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat dialog bertajuk "Optimalisasi Peran Sektor Perikanan Tangkap dalam Pembangunan Nasional" di Kementerian KP, Jakarta, Selasa (14/3).

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini disclaimer  atau Tidak Memberikan Pendapat (TMP) atas laporan keuangan tahun  2016 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Hal tersebut mengakhiri prestasi yang diraih kementerian yang dipimpin Susi Pudjiastuti ini selama empat tahun terakhir memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penyebabnya, BPK menemukan dugaan adanya dana fiktif di kementerian tersebut.

BPK untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir memang memberikan opini WTP kepada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2016. Namun, ada enam laporan keuangan Kementerian /Lembaga yang mendapat opini disclaimer. Salah satunya adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara menyatakan, salah satu alasan BPK tidak memberikan opini atas laporan keuangan KKP tahun lalu adalah hasil pemeriksaan atas pengadaan 750 kapal untuk para nelayan. Berdasarkan aturan, pengadaan itu selesai sesuai tahun buku yaitu pada 31 Desember 2016.

Namun, prosesnya ternyata hanya merampungkan 48 kapal. Bahkan, pengadaannya kemudian diperpanjang hingga Maret 2017. Sementara anggaran senilai Rp 209 miliar untuk pengadaan barang tersebut sudah keluar dan ada masalah pada Berita Acara Serah Terima (BAST).

“Syarat-syarat perpanjangan itu harus ada BAST, tapi proses administrasi itu belum selesai,” kata Moermahadi dalam konferensi pers di Gedung BPK, Jakarta, Senin (22/5).

Ia menekankan para auditor BPK menemukan adanya ketidaksesuaian dalam pertanggungjawaban pengadaan kapal-kapal tersebut. Namun, auditor belum masuk ke tataran dugaan penggunaan fiktif terhadap dana yang telah keluar.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...