Jadi Proyek Strategis, Pertamina Ingin Gas Tiung Biru Cepat Laku

Arnold Sirait
3 Juli 2017, 15:12
Pipa gas
Katadata

Anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni PT Pertamina EP Cepu berharap masuknya Jambaran-Tiung Biru sebagai proyek strategis nasional membuat gas cepat laku. Sehingga proyek tersebut bisa segera beroperasi.

Direktur Utama Pertamina EP Cepu Adriansyah mengatakan dengan menjadi proyek strategis nasional semua pemangku kepentingan eksternal terutama instansi pemerintah diharapkan mendukung pengembangan lapangan gas tersebut. Apalagi saat ini masih ada kendala mengenai pembeli gas.

Advertisement

(Baca: Blok Masela dan Tiung Biru Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional)

Untuk itu, kontraktor perlu dukungan mengenai kepastian pembelian gas, terutama dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)  (PLN). Pertamina ingin perusahaan setrum itu membeli gas dengan harga sesuai dengan keekonomian proyek. “Ini yang paling krusial sekarang,” kata Adriansyah kepada Katadata, Senin (3/7).

Kepastian pembeli gas ini penting karena jika tidak ada yang menyerap maka proyek tidak bisa berjalan. Apalagi gas bumi sifatnya berbeda dengan minyak. Kalau gas sudah diproduksi tidak bisa lagi disimpan.

Rencananya, PLN memang akan menyerap gas sebesar 100 mmscfd. Namun, saat ini belum ada titik temu terkait harga gas tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement