Menteri PU: Tiga Provinsi di Kalimantan Jadi Calon Ibu Kota Baru

Ameidyo Daud Nasution
5 Juli 2017, 16:07
Basuki
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuat video blogging perkembangan proyek jalan tol Bawen-Salatiga di Kabupaten Semarang, 7 April 2017.

Pemerintah mempertimbangkan tiga provinsi di Kalimantan sebagai alternatif Ibu Kota yang baru. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan ketiga provinsi tersebut adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

“Presiden pernah menyampaikan beberapa (lokasi) alternatif di situ,” kata Basuki usai rapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu (5/7).

Advertisement

Basuki mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyebutkan tiga alternatif calon ibu kota kepada menteri bawahannya.

Sementara itu Presiden Jokowi enggan mengungkapkan rencana pemindahan ibu kota. Jokowi berjanji akan mengungkapkan informasi rencana pemindahan Ibu Kota di saat yang tepat. "Akan saya sampaikan pada waktunya," kata Jokowi di gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (4/7). (Baca: Jokowi 'Rahasiakan' Rencana Pemindahan Ibu Kota)

Kajian mengenai perpindahan ibu kota kemudian ditangani Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Setelah kajian Bappenas selesai, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menindaklanjuti dengan membuat perencanaan infrastruktur penunjang perkotaan.

“Seperti transportasi, drainase, serta perumahan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS),” kata Basuki.

Basuki mengatakan sulit bagi pemerintah untuk memindahkan Ibu kota pada tahun 2018 mendatang. Sehingga hal yang paling dimungkinkan untuk dikerjakan adalah menyelesaikan desain serta perencanaan Ibukota baru.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement