Kementerian LHK Restui Amdal Peningkatan Produksi Blok Cepu

Anggita Rezki Amelia
28 Juli 2017, 16:04
Fasilitas pengolahan minyak di Blok Cepu
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akhirnya merestui revisi Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) Blok Cepu. Dengan begitu, ExxonMobil selaku operator blok tersebut bisa meningkatkan produksinya hingga 220 ribu barel per hari (bph).

Menteri KLHK Siti Nurbaya mengatakan sudah menyetujui revisi AMDAL yang diajukan perusahaan asal Amerika Serikat sejak Februari. "AMDAL yang di Lapangan Banyu Urip sudah selesai," kata dia kepada Katadata, Jumat (28/7).

Advertisement

(Baca: Blok Cepu Digenjot, SKK Migas Khawatir Cadangan Cepat Habis)

Vice Presiden for Public and Government Affairs ExxonMobil Erwin Maryoto juga tidak menampik persetujuan Amdal yang sudah dikantongi perusahaannya. “Telah disetujui dan diterbitkan oleh Menteri LHK minggu ini," kata dia.

Dengan keluarnya AMDAL baru untuk Lapangan Banyu Urip itu, harapannya  produksi siap jual (lifting) migas dari lapangan itu terus meningkat. Apalagi, Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu menjadi andalan pemerintah dalam mencapai target lifting minyak nasional.

Sejak awal Januari hingga akhir Juni, produksi minyak dari Lapangan Banyu Urip Cepu sudah mencapai 199.800 bph. Sementara target lifting minyak nasional tahun ini sebesar 815 ribu bph. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement