Alirkan Gas Tiung Biru, Pembangunan Pipa Gresik–Semarang Dipercepat

Anggita Rezki Amelia
10 Agustus 2017, 16:36
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina Gas (Pertagas) terus menggenjot penyelesaian proyek pembangunan pipa bersifat terbuka (open access) ruas Gresik – Semarang. Pipa ini nantinya akan menyalurkan gas dari Lapangan Jambaran Tiung Biru.

Presiden Direktur Pertagas Suko Hartono mengatakan pipa berdiameter 28 inchi sepanjang 267 kilometer (km) dari Tambak Lorok, Semarang Jawa Tengah hingga Gresik, Jawa Timur ini ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2018. Dengan begitu bisa mengalirkan gas dari Lapangan Jambaran Tiung Biru.

Advertisement

(Baca: Gas Tiung Biru Bisa Jadi Alternatif Pasok Pembangkit Tambak Lorok)

Sesuai kesepakatan awal (Head of Agreement/HOA) yang ditandatangani oleh PT Pertamina (Persero) dengan PLN pada Selasa (8/8), pengaliran gas akan dimulai tahun 2020. “Pertagas pastikan pembangunan pipa gas Gresik-Semarang akan selesai sebelum Lapangan JTB onstream,” kata Suko Hartono, kata dia berdasarkan keterangan resminya, Kamis (10/8).

Pipa yang dibangun sejak tahun 2015 tersebut saat ini proses konstruksinya telah mencapai 84%. Estimasi total nilai investasi sebesar US$ 250 juta.

Pipa gas Gresik-Semarang nantinya akan menyalurkan gas dari Lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB) milik PT Pertamina EP Cepu ke PLN Gresik dengan volume sebesar 100 MMSCFD. Namun, ke depan, pipa gas Gresik-Semarang tidak hanya akan menyalurkan gas untuk kebutuhan pembangkit listrik PLN, tetapi juga untuk industri pupuk dan industri lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement