Pacu Investasi Otomotif di Indonesia, Jepang Buka Kantor Perwakilan

Michael Reily
21 Agustus 2017, 19:24
Otomotif
Donang Wahyu|KATADATA

Gubernur Prefektur Aichi, Jepang, Hideakhi Ohmura menyambangi kantor Kementerian Perindustrian hari ini. Dia bertemu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto untuk membicarakan pengembangan bisnis investor-investor dari daerahnya di Indonesia. Investor asal Aichi lebih banyak bergerak di industri otomotif.

"Mereka mau membuat kantor perwakilan di Indonesia, karena mereka tempatnya industri otomotif," kata dia usai menemui delegasi Jepang di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (21/8).

Advertisement

Pihak Prefektur Aichi berharap kantor perwakilan di Indonesia bisa memfasilitasi bisnis mereka di Indonesia, sekaligus mempermudah urusan dengan pemerintah. Harapannya, industri Aichi yang masih berkembang bakal terdorong untuk meningkat lebih besar.

Airlangga menyebutkan beberapa industri otomotif yang berasal dari Prefektur Aichi. Beberapa di antaranya, Toyota, Mitsubishi, dan juga industri teknologi tinggi yang mengembangkan robot serta kereta supercepat. Selain itu ada perusahaan suku cadang otomotif seperti Daishin, Denso, dan perusahaan yang telah 16 tahun investasi di Indonesia, Aishin.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) nilai investasi Jepang ke Indonesia pada tahun lalu mencapai US$ 5,4 miliar, atau setara dengan Rp 71,8 triliun. Nilai ini melonjak 86% dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$ 2,9 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement