Jokowi Kebut Pembangunan Infrastruktur Strategis, Target Selesai 2019

Dimas Jarot Bayu
27 Agustus 2017, 21:08
Jokowi Papua
Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengendarai motor trail untuk menyusuri jalan Trans Papua, Rabu (10/5).

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Harapannya, proyek-proyek infrastruktur tersebut bisa rampung pada 2019 mendatang.

"Pekerjaan infrastruktur di lapangan itu sudah ada yang hampir selesai, ada yang masih 30%, ada yang 60%, ada yang 70%, ada yang sudah selesai. Ya kami berharap seperti itu (selesai pada 2019)," kata Jokowi dalam pameran foto pembangunan infrastruktur bertema 'Di Darat, Laut, dan Udara Infrastruktur Kita Bangun' di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (27/8).

Advertisement

Saat ini, pemerintah memiliki 245 PSN yang tengah dikerjakan dengan biaya hingga Rp 4.197 triliun. PSN tersebut bertambah sebanyak 20 proyek dari tahun sebelumnya yang hanya 225. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20 proyek telah selesai dibangun, 15 proyek dikeluarkan. Kemudian, sebanyak 55 proyek baru ditambahkan dalam daftar. 

Menurut dia, beberapa pembangunan infrastruktur masih terkendala pembebasan lahan. Namun, pemerintah berusaha menyelesaikan masalah tersebut secara demokratis melalui dialog dengan masyarakat.

"Ada yang pembebasannya satu dua masih masalah sehingga konstruksi lapangannya tidak bisa berjalan. Tapi setiap masalah selalu kami bicarakan dengan demokratis," kata dia.

Tahun ini, pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur sebesar Rp 401 triliun. Sedangkan tahun depan, alokasinya direncanakan naik sekitar 2% menjadi Rp 409,1 triliun. Meski begitu, alokasinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mengecil.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menekankan dengan perkembangan anggaran tersebut bukan berarti pembangunan infrastruktur berkurang. “Akan dibiayai melalui mekanisme kerja sama pemerintah dengan swasta,” ucapnya. (Baca juga: Pemerintah Tawari Swasta Aneka Pendanaan Kreatif Proyek Infrastruktur)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement