Bank BUMN Fokus Turunkan Bunga Kredit di Segmen Inti

Miftah Ardhian
6 September 2017, 18:19
Bank Mandiri
Agung Samosir|KATADATA
Bank Mandiri

Beberapa perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk memangkas bunga kredit di segmen bisnis intinya hingga menjadi di bawah 10%. Perbankan pelat merah umumnya memiliki segmen kredit utama yang berbeda, seperti Bank Mandiri yang fokus pada korporasi dan Bank BRI di segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan perbankan khususnya bank pelat merah memang diharapkan menjadi contoh penurunan bunga kredit pasca pemangkasan suku bunga Bank Indonesia (BI). Bank Mandiri pun berkomitmen untuk mengikuti arahan dari pemerintah tersebut.

Meski begitu, pemangkasan bunga kredit ini, kata Kartika, harus dilihat dari beberapa segmen kredit yang ada. Secara umum Bank Mandiri telah memangkas bunga kreditnya menjadi single digit, khususnya di segmen korporasi yang menjadi inti bisnisnya.

(Baca: Panggil Bos OJK dan BI, Jokowi Minta Bunga Kredit Turun)

Sementara, bunga untuk kredit mikro dan Usaha Kecil Menengah (UKM) masih berada di atas 10 persen dan masih belum bisa langsung diturunkan. "Kalau mikro kan ada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi, nanti fokusnya di UKM ya," ujar Kartika saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (6/9).

Merespons pemangkasan BI 7-Days Repo Rate, Bank Mandiri menyatakan akan melakukan pemangkasan bunga deposito. Namun, pihak perbankan pada umumnya akan mengajukan perubahan di batas atas bunga deposito (caping) kepada regulator. "Kami mengusulkan ada perubahan di caping. Jadi, bunga depositonya turun dulu baru kami adjust di kreditnya," ujar Kartika.

(Baca: Bunga Acuan Turun, Bank Mandiri Bisa Turunkan Bunga Deposito 0,5%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...