Investasi di Sektor Energi Baru Terbarukan Makin Diminati

Anggita Rezki Amelia
13 September 2017, 14:03
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jonan menilai investor di sektor energi baru terbarukan terus bermunculan. Bahkan ada beberapa investor dari luar negeri yang ingin menanamkan modalnya untuk membangun pembangkit berbasis energi baru terbarukan.

Salah satu contohnya adalah investor asal Belanda yang berencana membangun pembangkit listrik tenaga arus laut di Selat Larang Hutan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Adapun pembangkit tersebut berkapasitas 20 MW dengan rata-rata kecepatan arus laut sebesar 4-5 meter per detik.

(Baca: PLN Beli Listrik 291 MW dari Pembangkit Energi Baru Terbarukan)

Rencana itu disampaikan saat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama investor tersebut menemui Jonan bulan lalu. Saat itu, investor Belanda itu menawarkan harga listrik sebesar US$ 16 sen per kiloWatthour (kWh) kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN). Namun, harga tersebut dianggap terlalu mahal. Alhasil negosiasi sempat tertunda.

Kemudian, Selasa (12/9) lalu, Gubernur NTT itu kembali mendatangi Jonan dan menawarkan harga yang lebih murah yakni US$ 7,18 sen per kWh. "Kalau harganya sudah US$ 7,18 sen per kWh, saya yakin PLN mau," ujar Jonan di acara pembukaan The 6th Indo EBTKE Conex 2017, di Jakarta, Rabu (13/9).

Selain itu dalam waktu 10 bulan terakhir juga sudah ada penandatangan kontrak jual beli listrik (Power Purchase Agreement/PPA) antara PLN dengan produsen listrik swasta (Independent Power Producer/IPP). Totalnya telah mencapai 700 MW.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...