Pertamina Batal Kelola Blok East Kalimantan

Anggita Rezki Amelia
18 September 2017, 19:15
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) akhirnya memutuskan tidak mengambil alih pengelolaan Blok East Kalimantan setelah kontraknya berakhir di 2018. Padahal blok yang berada di Kalimantan Timur itu merupakan satu dari delapan blok yang ditugaskan pemerintah ke perusahaan pelat merah tersebut.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan keputusan tidak mengambil alih Blok East Kalimantan merupakan pertimbangan internal perusahaan. “Kami akan fokus di tujuh blok terminasi yang lain," kata dia kepada Katadata, Senin (18/9).

Vice President Upstream Business Growth Pertamina Andi Wisnu mengatakan salah satu pertimbangan tidak jadi mengelola blok tersebut adalah keekonomian. "Itu kebijakan portofolio perusahaan yang sudah diputuskan oleh Direksi," kata dia.

Pertamina memang sudah meminta waktu kepada pemerintah untuk menghitung ulang keekonomian Blok East Kalimantan. Direktur Utama Pertamina Elia Massa manik pernah mengatakan yang membuat Blok East Kalimantan tidak ekonomis adalah kewajiban dana pemulihan tambang (Abandonment Site Restoration/ASR).

(Baca: Alih Kelola Blok East Kalimantan Terganjal Dana Pasca Tambang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...