KAI Akan Tambah 60 Gerbong Kereta Barang Sumatera Selatan

Ameidyo Daud Nasution
11 Oktober 2017, 16:20
Jalur Kereta Barang
Katadata | Arief Kamaludin

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menambah 60 unit gerbong kereta barang Sumatera Selatan, menjadi 120 unit gerbong. Penambahan gerbong ini dilakukan sebagai upaya perusahaan pelat merah ini memperlancar arus logistik di daerah tersebut.

Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan saat ini penambahan gerbong sebenarnya sudah dilakukan sebagai uji coba pengangkutan batu bara. "Ini kami coba dulu dengan 120 unit gerbong," kata Edi dalam diskusi yang digelar Kamar Dagang dan Industri Indonesia di JIExpo, Jakarta, Rabu (11/9).

Edi mengungkapkan penambahan gerbong ini untuk mengintensifkan angkutan barang dengan menggunakan kereta agar luas lagi. Saat ini angkutan barang dengan kereta api porsinya baru mencapai 1% dari total barang yang diangkut seluruh moda transportasi.

Angkutan barang menggunakan kereta bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Penambahan 60 gerbong kereta dapat mengangkut 60 TEUs kontainer. Selama ini 60 kontainer ini diangkut menggunakan truk yang memenuhi jalan raya di Sumatera Selatan.

Karena angkutan kereta lebih efektif mengangkut banyak muatan, KAI juga berencana melakukan penambahan gerbong kereta barang di Jawa Barat. Meski tidak menyebutkan secara pasti jumlahnya, Edi mengatakan gerbong-gerbong kereta ini akan didatangkan ke Stasiun Gedebage, Bandung.  

"Peluang investasinya sebenarnya luar biasa," katanya. (Baca: Pemerintah Akan Aktifkan Lagi Jalur Kereta Bogor-Cianjur-Bandung)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...