"Ini jalan masih fungsional, tapi sudah mendekati operasional," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
8
Tol Salatiga Bawen
Foto ke 1 dari 8
Petugas mengecek kesiapan Tol Bawen-Salatiga di Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (8/6). PT Trans Marga Jateng (TMJ) memastikan pada H-7 arus mudik lebaran 2017 jalan tol ini dapat dilalui sebagai jalur alternatif untuk memecah kemacetan di jalan utama Semarang-Salatiga. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Jalan tol Bawen- Salatiga di Jawa Tengah sepanjang 17,5 kilometer sudah siap beroperasi. Ruas tol dengan latar bentangan alam yang indah ini akan semakin memudahkan pengendara dari Semarang mengakses berbagai daerah wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.   

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimulyono menyatakan, ruas tol tersebut sudah bisa dilalui kendaraan bermotor dalam hitungan beberapa hari ke depan atau tepatnya 10 hari sebelum Lebaran tahun ini (H-10) . Sebab, pembangunannya sudah selesai 99 persen.

Sebagai tahap awal, tol Bawen-Salatiga ini bisa dinikmati secara gratis oleh para pemudik. "Ini jalan masih fungsional, tapi sudah mendekati operasional," kata Basuki saat meninjau kesiapan ruas tol tersebut akhir pekan lalu.

Ia menyatakan, jalan tol ini berperan strategis karena merupakan bagian dari jalur wisata menuju Yogyakarta, Solo, serta Jawa Timur. Tak kalah ciamik, pengendara yang keluar dari pintu tol Salatiga akan langsung disambut pemandangan Gunung Merbabu.

Ruas tol Bawen-Salatiga adalah bagian dari rangkaian jalan tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak di Banten dengan Surabaya di Jawa Timur. "Saya harap 2018 akhir, Jakarta- Semarang, Semarang- Solo, Solo-Surabaya tersambung," kata Presiden Joko Widodo, pekan lalu.

Artikel Terkait
"Ada Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang," ujar Desi