[Foto] Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus berlanjut. Trial run mega proyek yang membentang dari Halim, Jakarta hingga Tegalluar, Bandung direncanakan pada akhir 2022. Uji coba KCJB juga diusulkan untuk jadi bagian dari kegiatan kunjungan agenda G20.
Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan progres KCJB sudah sekitar 80 %. "Kami akan terus melakukan upaya maksimal untuk mewujudkan trial run di akhir tahun ini,” ujar Dwiyana.
Di luar jalur kereta, pembangunan empat stasiun -Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar- pun sudah berjalan. Per Desember 2021, progres Stasiun Halim mencapai 66,05 %, disusul Tegalluar dengan 62,75 %, dan Karawang 40,21 %. Khusus Stasiun Padalarang, KCIC sedang menyiapkan kebutuhan untuk pembangunan stasiun dengan rencana integrasinya.
KCIC juga sudah memiliki depo yang berlokasi di Tegalluar dengan progres pembangunan 50,24 %. Meski belum rampung sepenuhnya, depo ini sudah bisa dioperasikan untuk kebutuhan proyek seperti pengelasan batang rel di fasilitas welding factory di sana.
Pihak KCIC bersama tim konstruksi dan para ahli juga sudah menemukan solusi untuk mengatasi kendala geografis berupa clay shale yang dihadapi dalam pengerjaan Tunnel #2, Tunnel #4, dan Tunnel #6. Langkahnya dengan melibatkan ahli tunnel dari ITB dan Tiongkok. Titik penggalian ditambah dari dua menjadi empat arah.
Di samping itu ada perubahan metode kerja dari three bench menjadi double sidewall untuk menghindari longsor. Juga melakukan surface grouting di lapisan atas tunnel dengan melakukan drilling dan pengecoran di titik-titik rawan clay shale untuk memperkuat lapisan atas tunnel.
Untuk diketahui, terdapat 13 tunnel di sepanjang trase kereta cepat Jakarta-Bandung. Hingga saat ini, 10 dari 13 tunnel berhasil tembus. Tunnel 6 di kawasan Cikalong Wetan menjadi salah satu tunnel terpanjang yang mencapai 4.478 meter.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja mengerjakan proyek Tunnel 1 Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang 1.885 meter atau 1,8 kilometer yang berlokasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 5+500, Kamis (27/1/2022). Pembangunan proyek Tunnel 1 ini dilakukan menggunakan mesin bor atau Tunnel Boring Machine (TBM) mesin bor pembuat terowongan yang didatangkan langsung dari negeri China, untuk membuat struktur Tunnel 1 Kereta Cepat Jakarta Bandung. TBM yang digunakan memiliki diameter 13,23 meter dengan panjang 102,3 meter, berat 2.600 ton
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja mengerjakan proyek Tunnel 1 Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang 1.885 meter atau 1,8 kilometer yang berlokasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 5+500, Kamis (27/1/2022). Pembangunan proyek Tunnel 1 ini dilakukan menggunakan mesin bor atau Tunnel Boring Machine (TBM) mesin bor pembuat terowongan yang didatangkan langsung dari negeri China, untuk membuat struktur Tunnel 1 Kereta Cepat Jakarta Bandung. TBM yang digunakan memiliki diameter 13,23 meter dengan panjang 102,3 meter, berat 2.600 ton.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja mengerjakan proyek Tunnel 1 Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang 1.885 meter atau 1,8 kilometer yang berlokasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 5+500, Kamis (27/1/2022). Pembangunan proyek Tunnel 1 ini dilakukan menggunakan mesin bor atau Tunnel Boring Machine (TBM) mesin bor pembuat terowongan yang didatangkan langsung dari negeri China, untuk membuat struktur Tunnel 1 Kereta Cepat Jakarta Bandung. TBM yang digunakan memiliki diameter 13,23 meter dengan panjang 102,3 meter, berat 2.600 ton.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja menyelesaikan proyek konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tunnel 2 di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022). Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek yang membentang dari Halim, Jakarta hingga Tegalluar, Bandung ini direncanakan melakukan trial run pada akhir tahun 2022. Tak hanya itu, uji coba KCJB juga diusulkan untuk jadi bagian dari kegiatan kunjungan G20.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Proyek konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tunnel 2 di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022). Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek yang membentang dari Halim, Jakarta hingga Tegalluar, Bandung ini direncanakan melakukan trial run pada akhir tahun 2022. Tak hanya itu, uji coba KCJB juga diusulkan untuk jadi bagian dari kegiatan kunjungan G20.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Proyek konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tunnel 2 di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022). Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek yang membentang dari Halim, Jakarta hingga Tegalluar, Bandung ini direncanakan melakukan trial run pada akhir tahun 2022. Tak hanya itu, uji coba KCJB juga diusulkan untuk jadi bagian dari kegiatan kunjungan G20.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja menyelesaikan proyek konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tunnel 2 di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022). Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek yang membentang dari Halim, Jakarta hingga Tegalluar, Bandung ini direncanakan melakukan trial run pada akhir tahun 2022. Tak hanya itu, uji coba KCJB juga diusulkan untuk jadi bagian dari kegiatan kunjungan G20.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Foto udara proyek Tunnel 6 Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang panjang 4.478 meter atau 4,4 kilometer yang berlokasi di kawasan Depok, Cikalong Wetan, Purwakarta, Kamis (27/1/2022). Tunnel ini menjadi salah satu tunnel terpanjang yang ditargetkan dalam waktu dekat akan tembus karena progres konstruksi sudah mencapai 97,01 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja berjalan di area proyek Tunnel 6 Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang panjang 4.478 meter atau 4,4 kilometer yang berlokasi di kawasan Cikalong Wetan, Depok, Purwaarta, Kamis (27/1/2022). Tunnel ini menjadi salah satu tunnel terpanjang yang ditargetkan dalam waktu dekat akan tembus karena progres konstruksi sudah mencapai 97,01 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Foto udara royek Tunnel 6 Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang panjang 4.478 meter atau 4,4 kilometer yang berlokasi di kawasan Depok, Cikalong Wetan, Purwakarta, Kamis (27/1/2022). Tunnel ini menjadi salah satu tunnel terpanjang yang ditargetkan dalam waktu dekat akan tembus karena progres konstruksi sudah mencapai 97,01 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja beristirahat saat menyelesaikan proyek konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tunnel 2 di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022). Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek yang membentang dari Halim, Jakarta hingga Tegalluar, Bandung ini direncanakan melakukan trial run pada akhir tahun 2022. Tak hanya itu, uji coba KCJB juga diusulkan untuk jadi bagian dari kegiatan kunjungan G20.