Rezim Subsidi BBM Makin Ditinggalkan

Image title
Oleh
12 November 2014, 15:27

KATADATA ? Beban anggaran akibat subsidi BBM membuat banyak negara tak bisa mempertahankan kebijakan populis tersebut. Sebelumnya, praktik subsidi diterapkan oleh negara penghasil minyak di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Asia Tenggara. Namun, meroketnya harga minyak sejak pertengahan dekade lalu membuat subsidi tak lagi relevan. Dana subsidi yang demikian besar dialihkan untuk sektor lain seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Di sejumlah negara importir seperti Korea Selatan, Inggris, Belanda, Jepang, dan Singapura, BBM bahkan dikenakan pajak sangat tinggi. Di Belanda, misalnya, pajak mencapai 62% sehingga harga BBM mencapai $ 2,12. Pemangkasan subsidi juga dilakukan oleh sejumlah negara produsen utama seperti Venezuela, Arab Saudi, Iran, dan Brunei Darussalam. Meskipun di negara-negara itu, harga BBM tercatat masih yang paling murah di dunia.

Ketika negara importir mengenakan pajak, dan negara eksportir memotong subsidi, yang terjadi di Indonesia adalah sebuah anomali. Setelah menjadi net importir sejak 2008 lalu, pemerintah sulit ?move on? dari rezim subsidi. Harga BBM di Indonesia tergolong yang paling murah di dunia, di bawah $ 1. Padahal, subsidi BBM sebesar Rp 276 triliun dalam belanja negara 2015 menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi karena terbatasnya anggaran untuk sektor lain.

Reporter: Muhammad Kahfi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami