BRIsat Tambah Daftar Satelit Milik Indonesia

Image title
Oleh Widyanita
15 Juni 2016, 18:49

Sejak 1976 Indonesia telah menggunakan satelit untuk keperluan komunikasi. Setelah Palapa A1 diluncurkan, jumlah satelit yang dimiliki Indonesia terus bertambah. Bukan hanya untuk telekomunikasi, sejumlah satelit dapat digunakan untuk observasi bumi, geografi, riset, teknologi dan kini akan dipakai di dunia perbankan.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi bank pertama di dunia yang segera meluncurkan dan mengoperasikan sendiri satelit. Meski sempat molor karena kendala teknis, peluncuran satelit bernama BRIsat itu kembali dijadwalkan pada 16 Juni nanti di Kourou, Guyana Perancis. Untuk mendukung operasional satelit, BRI membangun primary and back up satellite control facility.

(Baca: Keuntungan BRI Punya Satelit Sendiri)

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, mengatakan pembelian satelit bertujuan menghemat biaya, menjangkau, dan memberikan layanan kepada lebih dari 50 juta nasabah. Satelit dengan 45 transponder ini juga akan dimanfaatkan oleh pemerintah untuk berkomunikasi langsung dengan atau antar kantor-kantor perwakilan Indonesia.

BRIsat akan menjangkau wilayah layanan Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur termasuk sebagian Cina, sebagian Pasifik (Hawaii), serta Austalia Barat (Perth).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami