Erick Thohir, Bos Mahaka Group, akan memodali PT Asuransi Jiwa Bumiputera sebesar Rp 3 triliun.

Bos Mahaka Group yang juga pemilik klub Serie A Inter Milan, Erick Thohir, akan menjadi juru selamat kapal oleng Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB). Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani mengungkapkan, konsorsium Erick bersama para mitranya bakal memodali PT Asuransi Jiwa Bumiputera sebesar Rp 3 triliun.

AJB, salah satu perusahaan asuransi tertua di Tanah Air, menghadapi badai defisit karena banyak polis yang jatuh tempo. Koordinator Pengelola Statuter Bidang Aktuaria dan Perencanaan AJB Didi Achdijat mengatakan, defisit tersebut bisa mencapai Rp 2,5 triliun saban tahun atau hingga lebih Rp 10 triliun sampai tahun 2021. Aset perusahaan pun menyusut dari Rp 28 triliun pada 2015 menjadi 11 triliun.

Krisis AJB dikhawatirkan berdampak kepada stabilitas pasar modal dan industri keuangan nasional. Oleh sebab itu, upaya penyelamatan perusahaan tersebut tak luput dari perhatian Kementerian Keuangan. “Kita perlu memperhatikan apakah langkah yang diambil akan berimplikasi di pasar modal dan asuransi,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Artikel Terkait
Persyaratan equity crowdfunding diklaim tidak akan seketat proses Initial Public Offering.