Perubahan nomenklatur dan nama Kementerian Koordinator Maritim tak hanya memunculkan kekisruhan administrasi, tapi juga menimbulkan gesekan antar-menteri. Salah satunya menyangkut perebutan kewenangan koordinasi dengan Menko Perekonomian di bidang perkebunan.

Kontroversi perubahan nomenklatur Menko Bidang Kemaritiman yang kini dijabat oleh Rizal Ramli ini dipicu oleh pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia menyindir bahwa ada menteri yang seenaknya menambah nomenklatur kementerian. Dalam hal ini, Rizal disebut-sebut telah mengubah nama kementeriannya menjadi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2015 hanya disebutkan bahwa kementerian ini bernama Kementerian Koordinator Bidang Maritim. Di bawah koordinasinya, terdapat empat kementerian, yakni Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Perhubungan, Pariwisata, serta Kelautan dan Perikanan.

Saat dilantik pada 12 Agustus 2015 menggantikan Indroyono Soesilo, Rizal mengklaim telah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo tentang perubahan nama Kementerian yang dipimpinnya itu. Ia pun dikabarkan meminta tambahan dua kementerian di bawah koordinasinya, yakni Kementerian Pertanian, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Ada dua kementerian lagi yang ditambah. Apa saja kementerian itu, tanya Presiden saja," katanya. Dengan tambahan dua kementerian, Rizal berharap koordinasi antarkementerian di bawahnya akan lebih solid.

Langkah Rizal menambah panjang nama Kemenko Maritim itu berlanjut dalam pembagian tugas empat deputi di bawahnya. Berdasarkan situs resmi kementerian ini, yaitu www.maritim.go.id., empat deputi itu terdiri dari deputi bidang koordinasi kedaulatan maritim, deputi bidang koordinasi sumber daya alam dan jasa, deputi bidang koordinasi infrastruktur, dan deputi bidang koordinasi sumber daya manusia, IPTEK dan budaya maritim.

Selama berbulan-bulan, klaim sepihak Rizal tersebut dianggap seperti angin lalu saja. Hal ini baru menjadi sorotan publik ketika Kalla membantah klaim tersebut, Kamis lalu (3/3). “Pokoknya tidak ada perubahan sampai sekarang, tetap Menko Maritim. Tidak ada itu ‘Sumber Daya’,” kata Kalla di kantornya, seperti dikutip Koran Tempo.

Kekisruhan nomenklatur ini tercermin pada munculnya kekacauan administrasi di internal Kemenko Maritim. Kop surat di Kementerian itu sudah menggunakan nama baru yaitu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya. Namun, stempel yang digunakan hanya tertulis Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

“Kop surat memang bisa dengan mudah dicetak,” ujar salah seorang sumber Katadata di pemerintahan, “Sedangkan stempel tidak bisa sembarangan dibuat, dan prosedurnya lebih ketat.”

Surat Kemenko Maritim

Kekacauan itu antara lain terlihat dalam surat tertanggal 15 Februari 2016, yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Kedaulatan Maritim Arif Havas Oegroseno. Dalam kop surat tertera nama Kemenko Bidang Maritim dan Sumber Daya. Sedangkan pada stempel yang digunakan hanya tertulis Kemenko Bidang Kemaritiman.

Dalam surat lainnya tertanggal 25 Januari 2016 perihal “Penanganan Tumpahan Minyak Montara di Laut Timor Tahun 2009”, juga sudah tertulis Kemenko Bidang Maritim dan Sumber Daya.

Dalam hal koordinasi dan pembagian kerja kabinet, kerancuan nomenklatur ini juga memunculkan sejumlah gesekan antara Kemenko Maritim dan kementerian lainnya, salah satunya dengan Kemenko Bidang Perekonomian.

Hal ini pernah diungkapkan secara terbuka oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution saat memberikan pidato dalam acara pembukaan pameran foto tentang kebakaran hutan “Mencegah Bara” di Galeri Fatahillah, Kota Tua Jakarta pada 17 Desember lalu. Darmin menyentil, persoalan yang muncul menyangkut koordinasi di bidang perkebunan sawit.

Halaman:
Reporter: Metta Dharmasaputra, Arnold Sirait, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement