Di Pulau Madura, Erick Thohir Ajak UMKM Masuk Ekosistem BUMN

Padjar Iswara
19 Juni 2022, 13:43
ekosistem BUMN
Kementerian BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir mengajak pengusaha daerah dan UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem yang dibangun BUMN.

Dengan mendorong pengusaha daerah dan UMKM menghasilkan produk-produk dalam negeri yang dibutuhkan BUMN, maka akan terjadi pula pemerataan ekonomi yang dirasakan seluruh masyarakat.

Erick mengatakan, pengurangan ratusan anak cucu BUMN dan bisnisnya tidak menguntungkan bertujuan agar bisnis-bisnis tersebut bisa dilakukan oleh pengusaha daerah dan UMKM.

Produk-produk pengusaha daerah dan UMKM selanjutnya digunakan atau dibeli oleh BUMN yang sudah punya ekosistem. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

“Ini yang terus kami dorong agar pengusaha lokal dan UMKM hidup dalam ekosistem BUMN," ujar Erick Thohir di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/6).

Transformasi yang sudah dilakukan sudah menghasilkan lima ekosistem BUMN, yakni ekosistem Ultra Mikro, ekosistem Bank Syariah, ekosistem Pemberdayaan Pertanian dan ekosistem Pangan serta ekosistem Pariwisata.

Dalam acara Talk Show bertajuk Kolaborasi Percepatan Ekonomi Bersama BUMN yang dihadiri lebih dari seratus pengusaha lokal, Wakil Bupati Pamekasan dan Wakil Bupati Bangkalan serta Ketua Kadin Pamekasan itu, Erick menegaskan bahwa melalui BUMN terbukti pemerintah hadir dan tidak meninggalkan rakyatnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...