Apresiasi Kondektur KAI, Erick Thohir: Tindak Tegas Pelaku Pelecehan

Padjar Iswara
25 Juni 2022, 18:53
Menteri BUMN Erick Thohir menyapa calon penumpang kereta api PT KAI di Stasiun Gambir, Sabtu (25/6).
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menyapa calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Sabtu (25/6).

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung pelayanan pada moda transportasi kereta api di Stasiun Gambir, Sabtu (25/6).

Pada kunjungan itu Erick Thohir memberikan penghargaan kepada seorang kondektur yang melindungi seorang penumpang perempuan dari tindakan pelecehan seksual. Dia juga mengapresiasi PT KAI yang cepat merespons kejadian tersebut.

“Pesan saya, kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu melaporkan dan menunjukkan bukti pada petugas kami, jika mengetahui ada indikasi pelecehan seksual," ujarnya melalui keterangan tertulisnya (25/6).

Erick menegaskan perlindungan terhadap hak dan martabat manusia prinsip yang mesti dijalankan oleh segenap elemen di BUMN. Terlebih dalam pelayanan publik yang mesti memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Kami jadikan kereta api sebagai moda transportasi pelayanan publik yang aman dan tentunya ini tidak bisa berdiri sendiri,” mantan Presiden Inter Milan tersebut,”perlu dukungan semua kalangan dengan saling menhargai dan menghormati sesama penumpang."

Erick mengutuk keras pelecehan yang sempat terjadi di sebuah kereta api antarkota. PT KAI, kata Erick, berada sepenuhnya di pihak korban dan telah memproses secara serius peristiwa ini.

Dia pun berpesan kepada seluruh elemen baik masyarakat, pengguna jasa KAI, maupun segenap perusahaan BUMN bahwa sudah bukan zamannya lagi mencari-cari kesalahan korban pelecehan seksual. “Berhenti menyalahkan korban, mari mulai ciptakan ruang aman bagi semua kalangan," ujarnya menegaskan.

Erick menegaskan akan menyeret setiap oknum yang menciptakan suasana tidak aman dan nyaman dalam moda transportasi.

Dia sangat prihatin sekaligus geram mendengar terjadinya pelecehan seksual di Kereta Api. “Komitmen kami adalah bagaimana menciptakan transformasi pelayanan  publik yang aman dan nyaman,” katanya seraya meminta maaf.”Dari lubuk hati yang paling dalam, saya meminta maaf kepada korban maupun seluruh pengguna setia jasa Kereta Api."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement