Perputaran Uang saat Lebaran jadi Periode Tertinggi dalam Setahun

Aditya Widya Putri
9 April 2023, 14:45
Warga menukarkan uang tunai baru di layanan kas keliling Bank Indonesia di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (28/3/2023). Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyedi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Warga menukarkan uang tunai baru di layanan kas keliling Bank Indonesia di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (28/3/2023). Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyediakan Rp3,8 triliun untuk layanan penukaran uang kecil di 145 titik yang bersinergi dengan perbankan di Sumatera Selatan.

Puncak peredaran uang dalam periode satu tahun diprediksi terjadi pada momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2023. Pada periode ini Bank Indonesia (BI) optimistis peredaran uang tunai mencapai 95 persen dari target.

“Dalam siklus peredaran uang dalam satu tahun, periode Ramadhan adalah puncak peredaran uang, rata- rata 25% dalam satu tahun,” ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim dalam Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu.

Marlison mengungkapkan BI telah merealisasikan sekitar Rp85 triliun atau 44% dari target penukaran uang tunai yang disiapkan, sebanyak Rp195 triliun untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023.

“Sejauh ini kami belum merasa untuk menambah, karena kami proyeksikan sampai mendekati Idul Fitri masih mencukupi,” katanya.

BI optimistis peredaran uang tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023 mencapai 95 persen dari target. Puncaknya mendekati keberangkatan pemudik, bersamaan dengan cairnya Tunjangan Hari Raya (THR).

BI mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2023 mencapai sebesar Rp8.300 triliun atau tumbuh 7,9 persen year on year (yoy).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...