7 Pilihan Obat Alami Vertigo

Image title
8 Maret 2022, 10:29
Ilustrasi tujuh pilihan obat alami vertigo yang mudah diolah dan bisa ditemukan dan ditanam di sekitar rumah
Dreamstime
Ilustrasi wanita sedang mengalami vertigo

Salah satu penyakit yang kerap mendera manusia dan meresahkan pekerjaan adalah vertigo. DIkutip dari Halodoc, vertigo adalah gejala yang menyebabkan seseorang mengalami sensasi pusing berputar yang muncul secara tiba-tiba.

Pada kondisi yang parah, gejala vertigo bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, vertigo bisa menyebabkan hilang keseimbangan dan disorientasi. Serangan vertigo bahkan bisa menyebabkan pengidapnya sampai terjatuh.

Ketika vertigo menghampiri tubuh, hal yang dirasakan cukup beragam seperti pusing ringan dan muncul secara berkala. Serangan vertigo yang parah biasanya memiliki durasi yang lama dan bisa berlangsung selama beberapa hari sehingga pengidapnya tidak bisa beraktivitas secara normal.

Vertigo sendiri ada bermacam-macam penyebabnya, antara lain: gangguan otak seperti tumor, trauma atau luka di kepala, stroke, hingga migrain atau sakit kepala tak tertahankan.

Gejala yang umum terjadi saat seseorang mengalami vertigo adalah pusing berputar yang diikuti dengan telinga berdengung. Hal ini bisa memicu mual dan muntah. Apabila kondisi ini dibiarkan berlanjut, pengidap vertigo bisa terjatuh karena kehilangan keseimbangan dan tidak bisa berdiri.

Jikalau telah berbaring dan menutup mata, pengidap juga akan tetap merasa tubuhnya berputar dan rasa berdebar hingga dapat memicu pingsan.

Aneka Pilihan Obat Vertigo Alami

Tak hanya berbekal dengan obat-obatan berbahan medis, obat vertigo alami juga bisa menjadi solusi. Ada beragam jenis obat vertigo herbal yang mudah diperolah di sekitar Anda.

1. Ginkgo Biloba

Pilihan obat vertigo alami yang pertama adalah ginkgo biloba. Ginkgo biloba dikenal sejak lama sebagai suatu obat herbal untuk membantu mengatasi gejala pusing dan mual pada penderita vertigo.

Ginko biloba mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat melancarkan peredaran darah di organ vestibular atau sistem pengatur keseimbangan tubuh, yaitu otak kecil dan telinga dalam.

Ginkgo biloba bahkan juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mengurangi risiko terjadinya demensia dan penyakit Alzheimer.

2. Lemon Balm

Anjuran obat vertigo alami yang kedua adalah dengan lemon balm. Karena menjadi salah satu obat vertigo herbal yang bisa Anda coba. Tanaman beraroma lemon dari keluarga mint ini cukup terkenal karena efeknya yang bisa membuat seseorang merasa lebih rileks, melemaskan otot-otot yang tegang, dan melancarkan aliran darah di kepala dan otak.

3. Jahe

Salah satu khasiat dari jahe adalah mampu dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala alami. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga berguna untuk meredakan gejala pusing, mual, dan muntah pada penderita vertigo. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk air seduhan jahe atau teh jahe hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...