Pengertian Endorse, Manfaat, dan Kelebihan dalam Strategi Pemasaran

Dwi Latifatul Fajri
10 Maret 2022, 13:54
 Manfaat dan Kelebihan Endorse
pexels.com
Manfaat dan Kelebihan Endorse

Kata endorse sering dikaitkan dengan influencer di media sosial. Endorse adalah promosi menggunakan orang lain untuk mendukung produk atau jasa yang ditawarkan.

Menurut Cambridge Dictionary, arti endorse yaitu untuk membuat pernyataan publik tentang persetujuan atau dukungan. Arti lain endorse yaitu suatu produk yang muncul dalam iklan dan konsumen menyukainya.

Endorse menggunakan selebriti dan tokoh terkenal supaya orang-orang tertarik, mengakui, dan mempercayai suatu produk.

Perusahaan biasanya menggunakan orang terkenal untuk mempromosikan produk. Endorse termasuk strategi pemasaran yang menguntungkan untuk selebriti dan penjual produk.

Contoh Endorse

Contoh endorse yaitu selebgram yang mempromosikan produk di Instagram. Promosi produk dilakukan melalui unggahan foto, video, Instagram stories yang bertujuan menarik followersnya.

Endorse dapat menguntungkan kedua belah pihak yaitu selebgram dan orang yang menjual produk.

Selain media sosial, endorse juga muncul di televisi. Contohnya selebriti, professional industri, dan tokoh penting yang muncul mengiklankan produk.

Tokoh seperti selebgram dan selebriti ini mempromosikan produk pada orang yang menonton. Konsumen yang sesuai dengan produk tersebut akan tertarik untuk membeli.

Manfaat endorse

1. Mengenalkan Merek

Penggemar akan mengikuti selebriti melalui media sosial mereka. Selebriti yang dikenal dan populer memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut.

Tak hanya Instagram, selebriti bisa mendapatkan ribuan tweet suka, banyaknya penonton di Youtube, dan komentar di Instagram.

Jika kalian melihat beberapa selebriti membagikan foto dan video dengan produk tertentu, itu termasuk endorse. Produk yang dikenalkan akan menguntungkan perusahaan mendapatkan konsumen.

Mengutip dari flexible.falmouth.ac.uk, sebuah studi menemukan orang akan cenderung mengingat iklan ketika ada selebriti di dalamnya. Iklan yang menggunakan wajah terkenal cenderung menarik konsumen baru.

Beberapa orang bahkan tidak peduli untuk membeli, asalkan melihat tokoh favorit mereka memakai produk.

2. Membangun Personal Brand dan Kredibilitas

Atribut yang dipakai selebgram atau selebriti biasanya memakai merek tertentu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement