Pengertian Endorse, Manfaat, dan Kelebihan dalam Strategi Pemasaran

Dwi Latifatul Fajri
10 Maret 2022, 13:54
 Manfaat dan Kelebihan Endorse
pexels.com
Manfaat dan Kelebihan Endorse

Kata endorse sering dikaitkan dengan influencer di media sosial. Endorse adalah promosi menggunakan orang lain untuk mendukung produk atau jasa yang ditawarkan.

Menurut Cambridge Dictionary, arti endorse yaitu untuk membuat pernyataan publik tentang persetujuan atau dukungan. Arti lain endorse yaitu suatu produk yang muncul dalam iklan dan konsumen menyukainya.

Endorse menggunakan selebriti dan tokoh terkenal supaya orang-orang tertarik, mengakui, dan mempercayai suatu produk.

Perusahaan biasanya menggunakan orang terkenal untuk mempromosikan produk. Endorse termasuk strategi pemasaran yang menguntungkan untuk selebriti dan penjual produk.

Contoh Endorse

Contoh endorse yaitu selebgram yang mempromosikan produk di Instagram. Promosi produk dilakukan melalui unggahan foto, video, Instagram stories yang bertujuan menarik followersnya.

Endorse dapat menguntungkan kedua belah pihak yaitu selebgram dan orang yang menjual produk.

Selain media sosial, endorse juga muncul di televisi. Contohnya selebriti, professional industri, dan tokoh penting yang muncul mengiklankan produk.

Tokoh seperti selebgram dan selebriti ini mempromosikan produk pada orang yang menonton. Konsumen yang sesuai dengan produk tersebut akan tertarik untuk membeli.

Manfaat endorse

1. Mengenalkan Merek

Penggemar akan mengikuti selebriti melalui media sosial mereka. Selebriti yang dikenal dan populer memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut.

Tak hanya Instagram, selebriti bisa mendapatkan ribuan tweet suka, banyaknya penonton di Youtube, dan komentar di Instagram.

Jika kalian melihat beberapa selebriti membagikan foto dan video dengan produk tertentu, itu termasuk endorse. Produk yang dikenalkan akan menguntungkan perusahaan mendapatkan konsumen.

Mengutip dari flexible.falmouth.ac.uk, sebuah studi menemukan orang akan cenderung mengingat iklan ketika ada selebriti di dalamnya. Iklan yang menggunakan wajah terkenal cenderung menarik konsumen baru.

Beberapa orang bahkan tidak peduli untuk membeli, asalkan melihat tokoh favorit mereka memakai produk.

2. Membangun Personal Brand dan Kredibilitas

Atribut yang dipakai selebgram atau selebriti biasanya memakai merek tertentu.

Contohnya, seorang selebgram di Instagram membagikan produk perawatan kulit yang dipakai sehari-hari. Produk kecantikan tersebut akan membantu penjualan perawatan kulit di Indonesia.

Suatu produk biasanya akan dipercaya dan dianggap berkualitas tinggi ketika selebriti memakainya.

3. Membuka Pasar Baru

Selebriti, tokoh ternama, dan seleb di media sosial akan menjangkau demografi dan pasar baru. Adanya pasar baru ini bermanfaat untuk menjangkau produk yang ditawarkan.

Contohnya Michael Jordan yang bekerjasama dengan Nike. Michael mempromosikan pakaian olahraga yang umumnya dipakai tenis dan lari. Berkat kerjasama dengan selebriti, perusahaan dapat berkembang dan menjangkau pasar olahraga lain.

4. Membuka Pelanggan Baru

Selebriti membantu mempromosikan barang dan jasa dengan biaya lebih tinggi. Dukungan dari selebriti ini akan mendukung konsumen dan loyal pada sebuah produk.

Mereka akan membeli produk berulang meski menggunakan pemasaran lain.

Kelebihan Endorsement

1. Sebagai Media Promosi

Mengutip dari jurnal.id, endorse sebagai strategi untuk memasarkan produk dapat meningkatan penjualan. Contohnya pemilik toko online memakai endorse untuk mempromosikan produknya.

Kelebihan endorsement yaitu sebagai media promosi untuk pengikut selebgram. Orang-orang akan memperhatikan produk melalui unggahan di akun selebgram.

2. Meningkatkan Penjualan

Selebgram atau influencer menjadi tokoh untuk mempengaruhi pengikuti di media sosial. Selebriti dan influencer bisa mempengaruhi tren ke penggemar. Contohnya tren selebgram memakai pakaian model terbaru yang diikuti pengikut di Instagram.

3. Hemat Biaya

Salah satu strategi menyiapkan produk adalah dana pemasaran. Penjual perlu mencari selebriti atau selebgram yang cocok untuk bekerjasama.

Misalnya pemilihan selebgram untuk promosi produk, dapat menekan biaya daripada iklan di televisi, radio, atau koran.

Pentingnya Engagement Rate

Cara menjual produk secara online membutuhkan engagement rate. Penjual perlu menganalisis media sosial melalui pengukuran suka, bagikan, dan komentar.

Analisis di media sosial berguna untuk mengevaluasi persaingan pemasaran. Engagement rate penting untuk mengukur keterlibatan konsumen ketika melihat konten produk yang menarik.

Keterlibatan ini untuk menilai ikan di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan media sosial lain. Biasanya selebgram akan menawarkan engagement rate untuk melihat seberapa jangkauan produk endorsement.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...