Lebih Jauh Mengenal SEO, Teknik Pemasaran dengan Biaya Rendah
SEO atau Search Engine Optimization merupakan proses yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar memiliki visibilitas yang lebih baik pada mesin pencari atau search engine. Saat ini hampir semua search engine didominasi oleh google.
Di Indonesia, SEO sering dikaitkan dengan Google Search engine, sehingga dibutuhkan cara agar dapat mengoptimalkan pencarian pada Google Search engine.
SEO Lead Tokopedia M. Rizqi Riandra dan Senior Software Engineer Tokopedia Ryan Purnama mengungkapkan, SEO berperan penting terhadap sebuah bisnis, diantaranya adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli serta meningkatkan visibilitas brand pada pencarian search engine, sehingga brand tersebut dapat mudah ditemukan.
“Saat ini, pengguna search engine pada Google di Indonesia hampir mencapai 98%. Hal ini menunjukan betapa besarnya potensi pasar yang bisa diraih. SEO juga merupakan salah satu teknik pemasaran yang memiliki biaya tergolong rendah atau bisa disebut sebagai free traffic,” kata Rizqi saat menjadi pembicara di sesi pertama START Summit Extension pada 20 April lalu.
Kata Rizqi, SEO juga bisa memberikan dampak terhadap tujuan dari suatu brand, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau jumlah pengunjung. Untuk mendapatkan performa SEO terbaik, terdapat satu bagian yang tidak boleh dilewatkan, yakni bagaimana pengguna berinteraksi pada halaman website. Pada tahap ini, terdapat dua hal yang krusial.
Hal pertama adalah Content Experience, atau bagaimana kualitas suatu konten dan relevansinya terhadap pengguna, serta yang kedua adalah Page Experience, atau sebuah kualitas suatu website di mana halaman tersebut dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.
Page Experience merupakan bagian terpenting. Selain dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap pengguna, hal ini juga dapat meningkatkan conversion rates. Ini karena Page Experience merupakan sebuah set sinyal yang dapat mengukur bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan suatu website.
Untuk mengukur apakah suatu website telah sesuai dengan standar, terdapat 5 metrik yang dapat digunakan seperti Core Web Vitals, Mobile Friendly, Safe Browsing, HTTPS, dan No Intrusive Interstitials.
Peningkatan performa pada SEO dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dan yang paling penting adalah dengan mengoptimalkan load time atau page speed pada sebuah website.
Kecepatan pada sebuah website sangat berpengaruh terhadap pengguna. Data menunjukkan bahwa sebanyak 40% pengguna akan meninggalkan suatu halaman website jika halaman tersebut membutuhkan waktu untuk memuat lebih dari 3 detik. Oleh karena itu, AMP dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.
Sesi kedua yang dibawakan Safira Anggraini selaku SEO Associate Tokopedia dan Adjie Guntoro selaku Software Engineer Tokopedia menjelaskan lebih lanjut mengenai AMP. AMP merupakan suatu komponen yang bisa digunakan untuk membuat website menjadi lebih cepat ketika diakses oleh user dengan cara menghapus fitur-fitur yang dapat memperlambat kecepatan website tersebut.
Halaman yang terintegrasi dengan AMP akan menghasilkan performa dan engagement yang lebih tinggi, karena user dapat memiliki pengalaman yang lebih baik dan maksimal. Oleh karena itu, dalam membangun AMP dibutuhkan 3 bagian penting yaitu AMP HTML, AMP Javascript, dan AMP Cache.
AMP juga dapat meningkatkan visibilitas pada situs web, terlebih untuk bisnis yang bergerak di bidang e-commerce. Secara tidak langsung, AMP juga dapat meningkatkan ranking pada suatu web, mengingat bahwa faktor ini dipengaruhi oleh kecepatan pada halaman web itu sendiri.
START Summit Extension akan kembali diadakan pada bulan berikutnya sebagai bentuk komitmen Tokopedia untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui teknologi dan mengembangkan talenta digital masa depan Indonesia. Jadi, jangan lupa untuk saksikan acara START Summit Extension selanjutnya.