Lebih Jauh Mengenal SEO, Teknik Pemasaran dengan Biaya Rendah

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
4 Mei 2021, 16:02
Start Women In Tech
Katadata

SEO atau Search Engine Optimization merupakan proses yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar memiliki visibilitas yang lebih baik pada mesin pencari atau search engine. Saat ini hampir semua search engine didominasi oleh google. 

Di Indonesia, SEO sering dikaitkan dengan Google Search engine, sehingga dibutuhkan cara agar dapat mengoptimalkan pencarian pada Google Search engine.

Advertisement

SEO Lead Tokopedia M. Rizqi Riandra dan Senior Software Engineer Tokopedia Ryan Purnama mengungkapkan, SEO berperan penting terhadap sebuah bisnis, diantaranya adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli serta meningkatkan visibilitas brand pada pencarian search engine, sehingga brand tersebut dapat mudah ditemukan. 

“Saat ini, pengguna search engine pada Google di Indonesia hampir mencapai 98%. Hal ini menunjukan betapa besarnya potensi pasar yang bisa diraih. SEO juga merupakan salah satu teknik pemasaran yang memiliki biaya tergolong rendah atau bisa disebut sebagai free traffic,” kata Rizqi saat menjadi pembicara di sesi pertama START Summit Extension pada 20 April lalu.

Kata Rizqi, SEO juga bisa memberikan dampak terhadap tujuan dari suatu brand, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau jumlah pengunjung. Untuk mendapatkan performa SEO terbaik, terdapat satu bagian yang tidak boleh dilewatkan, yakni bagaimana pengguna berinteraksi pada halaman website. Pada tahap ini, terdapat dua hal yang krusial.

Hal pertama adalah Content Experience, atau bagaimana kualitas suatu konten dan relevansinya terhadap pengguna, serta yang kedua adalah Page Experience, atau sebuah kualitas suatu website di mana halaman tersebut dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. 

Page Experience merupakan bagian terpenting. Selain dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap pengguna, hal ini juga dapat meningkatkan conversion rates. Ini karena Page Experience merupakan sebuah set sinyal yang dapat mengukur bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan suatu website. 

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement