6 Rekomendasi Film Korea Terbaik Versi IMDb

Bukan cuma seriesnya saja yang populer dan ditunggu banyak penggemar K-drama, film Korea selatan juga dinantikan oleh masyarakat global. Berikut 6 rekomendasi film Korea terbaik.
Image title
14 Maret 2022, 15:51
Ilustrasi, film asal Korea Selatan "On Your Wedding Day". Film Korea terbaik terus menghiasi dunia entertainment dan semakin banyak penggemarnya di Indonesia.
netflix.com
Ilustrasi, film asal Korea Selatan "On Your Wedding Day". Film Korea terbaik terus menghiasi dunia entertainment dan semakin banyak penggemarnya di Indonesia.

Akhir-akhir ini, film produksi Negeri Ginseng, Korea Selatan mendapat banyak perhatian masyarakat global, sebut saja salah satunya "Parasite (2019)".

Tidak hanya banjir pujian, film arahan sutradara kawakan Bong Joon Ho ini juga sudah melantai di berbagai ajang dan memborong sejumlah penghargaan, di antaranya Best International Feature Film dan Best Original Screenplay dalam ajang Academy Awards, Amerika Serikat (AS) pada 2020.

Hal ini tentunya memantik kembali semangat para pegiat film Korea Selatan untuk terus membuahkan karya-karya fenomenal. Hingga kini, sudah banyak film-film Korea yang memperleh rating cukup tinggi dan berhasil menyandang gelar sebagai film terbaik.

Film Korea Terbaik

Dihimpun dari Internet Movie Database (IMDb) dan highonfilms.com, berikut film-film Korea Selatan terbaik.

Advertisement

1. Old Boy (2003)

Old Boy
Old Boy (Asianwiki.com)

 

Film arahaan sutradara Park Chan Wook ini berhasil mengejutkan penontonnya dengan plot twist yang tidak terduga. Mengemban premis unik, film berdurasi 2 jam ini bercerita tentang Dae Su Oh (Choi Min Sik) yang diculik dan dikurung selama 15 tahun. Suatu hari ia dibebaskan begitu saja hanya untuk menemukan siapa dalang di balik penculikannya dan mengapa hal itu bisa terjadi.

Selain Choi Min Sik, “Old Boy” turut menggandeng aktor andalan lainnya, seperti Yoo Ji Tae, Kang Hye Jeong, dan Kim Byeong Ok. Film bergenre aksi, drama, dan misteri ini memeroleh rating 8.4 dari IMDb dan 81% dari Rotten Tomatoes.

2. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder
Memories of Murder (imdb.com)

 

Jauh sebelum "Parasite (2019)”, Bong Joon Ho terlebih dahulu dikenal lewat film misterinya berjudul "Memories of Murder (2003)". Film ini mengambil seting di sebuah provinsi kecil Korea pada tahun 1986. Saat itu, dua detektif berjuang dengan kasus pembunuhan dan pemerkosaan beberapa wanita oleh pelaku yang tidak diketahui.

Drama kejahatan ini diadaptasi dari kejadian nyata pembunuhan berantai pertama di Korea yang dilakukan oleh Lee Choon Jae yang terjadi antara 1986-1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi.

Film berdurasi 131 menit ini diperankan oleh sejumlah aktor ternama, di antara Song Kang Ho, Kim Sang Kyung, Kim Roi Ha, Park Hae Il, dan Byun Hee Bong. "Memories of Murder" mencatatkan skor sebesar 8.1 pada IMDb.

3. Sympathy for Mr. Vengeance (2002)

Sympathy for Mr. Vengeance
Sympathy for Mr. Vengeance (imdb.com)

 

Aktor kawakan Kang Ho Song dan Bae Doona berduet apik dalam film arahan sutradara Park Chan wook berjudul "Sympathy for Mr.Vengeance (2002)".

Film dengan rating R (strong gruesome violence, language, drug use, strong sexuality) ini mengisahkan tentang seorang pekerja pabrik yang baru saja diberhentikan, menculik putri teman mantan bosnya dan berharap bisa menggunakan uang tebusan untuk membayar transplantasi ginjal saudara perempuannya.

"Sympathy for Mr. Vengeance" memeroleh rating sebesar 7.6 dari IMDb.

4. Mother (2009)

Mother
Mother (imdb.com)

 

Satu lagi film terbaik karya Bong Joon Ho, yaitu "Mother (2009)". Film bergenre thriller ini dibintang oleh Kim Hye Ja dan Won Bin. Karya kolektif yang tayang perdana pada 16 Mei 2009 di Festival Film Cannes di bagian Un Certain Regard ini mendapat banyak pujian dari para kritikus.

Selain mewakili Korea Selatan dalam kategori Best Foreign Language Film dalam ajang Oscar, "Mother" meraih penghargaan film terbaik dalam berbagai ajang, di antaranya Busan Film Critics (2009) dan Asian Film Awards (2010).

Film dengan rating 7.8 di IMDb ini bercerita tentang seorang ibu yang putus asa mencari pembunuh asli yang menjebak putranya atas pembunuhan mengerikan terhadap seorang gadis.

5. Poetry (2010)

Poetry.
Poetry (imdb.com)

 

Yoon Jeong Hee tampil mengesankan dalam film bertajuk "Poetry (2010). Film ini bercerita tentang seorang wanita pinggiran kota berusia 60an yang mulai mengembangkan minatnya dalam menulis puisi sambil berjuang dengan penyakit Alzheimer dan cucunya yang cuek dan pemalas.

Dalam film ini Yoon Jeong Hee membintangi peran utama, yang merupakan peran pertamanya dalam sebuah film sejak 1994. Film ini dipilih untuk kompetisi utama di Festival Film Cannes 2010 dan memenangkan penghargaan sebagai Skenario Terbaik.

Penghargaan lainnya termasuk Penghargaan Grand Bell untuk Film Terbaik dan Aktris Terbaik, Penghargaan Film Blue Dragon untuk Aktris Terbaik, Penghargaan Asosiasi Kritikus Film Los Angeles untuk Aktris Terbaik, dan Penghargaan Layar Asia Pasifik untuk Pencapaian dalam Penyutradaraan dan Penampilan Terbaik oleh seorang Aktris.

Film yang ditulis dan disutradarai oleh Lee Chang Dong ini memeroleh rating 7.8 di IMDb dan 100% di Rotten Tomatoes.

6. Peppermint Candy (1999)

Peppermint Candy.
Peppermint Candy (imdb.com)

 

Film berdurasi 2 jam 10 menit merangkum kisah hidup Yong Ho (Sul Kyung Gu) yang putus asa dan bunuh diri. Film ini menceritakan kehidupan Yong Ho dari kematiannya yang tragis hingga masa mudanya yang polos dan idealis dalam urutan terbalik.

"Peppermint Candy" berhasil mengantongi rating sebesar 7.6 dari IMDb dan 86% dari Rotten Tomatoes. Selain itu, film arahan Lee Chang Dong ini telah berkompetisi dan memenangkan sejumlah penghargaan, di antaranya Best Actor dalam Bratislava International Film Festival (2000), dan Best Film serta Best Director dalam Korean Assocation of Film Criticts Awards (2000).

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait