Contoh Rumusan Masalah Makalah dan Cara Membuatnya

Image title
15 Maret 2022, 13:46
Ilustrasi, mengaplikasikan contoh rumusan masalah makalah.
burst/pexels.com
Ilustrasi, mengaplikasikan contoh rumusan masalah makalah.

Dalam membuat suatu karya ilmiah, baik makalah, skripsi, maupun laporan penelitian, terdapat satu bagian penting yang tak boleh diabaikan, yakni rumusan masalah. Dalam artikel kali ini akan dibahas contoh rumusan masalah makalah beserta cara membuatnya.

Namun, sebelum menuju pembahasan tersebut, ada baiknya untuk menyegarkan kembali ingatan kita tentang pengertian dan ciri-ciri rumusan masalah.

Pengertian Rumusan Masalah

Secara sederhana, rumusan masalah mengandung sejumlah komposisi, mulai dari pertanyaan mengapa sampai bagaimana, yang berkaitan dengan topik penelitian dan hal mendetail yang mesti dibahas.

Dalam buku berjudul "Dasar-dasar dan Metode Penulisan Ilmiah" karya Munawar Syamsuddin disebutkan bahwa rumusan masalah adalah sebagai pengarah tujuan dari tulisan ilmiah agar fokus dalam membahas suatu hal tertentu.

Rumusan masalah adalah tulisan singkat yang berisi pertanyaan tentang topik yang diangkat oleh penulis. Sehingga dengan rumusan masalah, penulis berusaha mencari jawaban atas pertanyaan yang dikemukakan, sehingga penelitian memiliki suatu kesimpulan.

Sejumlah kata tanya yang digunakan dalam rumusan masalah adalah “mengapa” dan “bagaimana” karena membuka peluang penelitian bisa dilakukan secara mendalam. Meskipun kata tanya lain juga masih bisa digunakan untuk mengulas suatu masalah dalam penulisan.

Menurut Sugiyono makna rumusan masalah adalah sebuah pertanyaan yang mencari sebuah jawaban lewat pengumpulan data dan penelitian. Di mana penelitian dapat dilakukan berdasarkan tingkat eksplanasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...