Pengertian dan Contoh 5W 1H dalam Penulisan Berita

Image title
20 Desember 2021, 14:50
Ilustrasi 5W 1H dalam berita.
ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah Moon/WSJ/cf
Ilustrasi 5W 1H dalam berita.

5W 1H merupakan suatu unsur yang sering diaplikasikan dalam penulisan sebuah berita. Dengan unsur-unsur ini berita bisa memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat atau pembaca terhadap isu atau persitiwa yang dimuat dalam tulisan.

Unsur 5W 1H ditemukan oleh seorang penulis berkebangsaan Inggris, Rudyard Kipling, sehingga formula ini juga dikenal sebagai metode kipling. Dengan metode kipling, berita dapat disajikan secara mendalam kepada pembaca.

Mengutip buku "Rangkuman Lengkap Bahasa Indonesia: SMA IPA kelas 10/11/12 (2016)", metode 5W 1H adalah cara mengungkap pokok-pokok informasi suatu paragraf atau wacana. Secara sederhana, 5W 1H terdiri dari:

- What: Apa yang terjadi?

- Who: Siapa yang terlibat dalam pristiwa itu?

- Why: Mengapa hal itu bisa terjadi?

- When: Kapan terjadinya peristiwa itu?

- Where: Di mana peristiwa tersebut terjadi?

- How: Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Penjabaran 5W 1H

1. What

Unsur what berusaha menjelaskan objek berita atau peristiwa yang menjadi sorotan publik. Adapun contoh unsur ini, seperti pergantian menteri, letusan Gunung Semeru, kasus pertama omicron di Indonesia, dan sebagainya.

2. Who

Dalam unsur who, sebuah berita menyematkan dan menjelaskan tentang tokoh, pejabat atau kelompok, baik satu orang atau lebih, yang menjadi narasumber. Adapun contohnya seperti, Presiden RI Joko Widodo, masyarakat Indonesia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sebagainya.

3. Why

Unsur ini merupakan bentuk penjelasan awal dan latar belakang peristiwa yang dimuat dalam sebuah berita. Jika objek yang dibahas mengenai peresmian cabang, perlu disebutkan latar belakang hingga keuntungan dari peresmian cabang tersebut.

4. When

Unsur when dalam metode 5W 1H memaparkan waktu terjadinya suatu peristiwa yang ditulis dalam berita. Dalam unsur when, beberapa berita memuat hari, tanggal, dan tahun. Namun, ada pula yang menulisnya secara detail hingga jam terjadinya peristiwa. Tergantung kebutuhan dan topik berita.

5. Where

Where memuat lokasi terjadinya persitiwa. Termasuk lokasi narasumber diwawancarai.

6. How

Unsur terakhir dalam metode 5W 1H adalah how. Unsur penting ini memaparkan secara detail dan sistematis terkait peristiwa yang diliput.

Contoh Penerapan 5W 1H

Contoh berita:

***

Tampilkan Inovasi, Pameran Kendaraan Listrik IEMS Dibuka Hari Ini

Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 resmi dibuka hari ini (24/11). Pameran ini akan berlangsung selama tiga hari hingga 26 November mendatang di Kawasan PUSPITEK, Serpong, Tangerang Selatan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...