5 Contoh Tujuan Penulisan Makalah yang Perlu Diketahui

Image title
15 Maret 2022, 13:58
Ilustrasi, contoh tujuan penulisan makalah.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Ilustrasi, contoh tujuan penulisan makalah.

Contoh tujuan penulisan makalah menjadi bagian penting untuk diketahui ketika hendak menggarap suatu karya ilmiah, baik makalah, skripsi, maupun laporan penelitian.

Menurut salah salah satu tokoh sastra Indonesia, W.J.S. Poerwadarminta, makalah adalah uraian tertulis yang dikemukakan untuk memperoleh pembahasan lebih lanjut terkait suatu permasalahan.

Sementara itu, tujuan penulisan makalah menjadi salah satu bagian penting dalam makalah. Bagian ini merupakan pemaparan terhadap suatu ide atau topik untuk menjawab rumusan masalah.

Tujuan Penulisan Makalah

Penulisan suatu makalah memiliki beberapa tujuan umum, seperti melatih penulis agar mampu menyusun tulisan ilmiah yang benar, memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulis dan pembacanya, memberi sumbangan pemikiran, atau mendukung perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

Tujuan makalah yang paling utama ialah menginformasikan, menganalisis, dan membujuk dengan cara lugas dan memungkinkan pembaca untuk terlibat secara kritis dalam suatu topik ilmiah.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, suatu topik tertentu dari suatu makalah memiliki rumusan masalah yang berisi berbagai pertanyaan. Jawaban singkat atas pertanyaan tersebut dituliskan pada tujuan makalah.

Dalam penulisan tujuan makalah disarankan menggunakan kata menjelaskan, memaparkan, atau mendeskripsikan untuk menampilkan jawaban terbuka. Selanjutnya, jawaban secara rinci akan dipaparkan pada bagian isi atau pembahasan makalah.

Contoh Tujuan Makalah

Berikut beberapa contoh tujuan penulisan makalah untuk dalam beberapa disiplin ilmu:

1. Contoh Tujuan Penulisan Makalah Kebudayaan

Rumusan Masalah:

  • Bagaimana unsur-unsur kebudayaan etnis Bali yang ada di Lombok?
  • Mengapa etnis Bali bisa bertahan dengan masyarakat suku Sasak yang kebanyakan beragama Islam?
  • Bagaimana perbedaan antara etnis Bali di pulau Lombok dengan yang di pulau Bali?

Tujuan Makalah:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...