10 Daftar Negara Terbersih di Dunia Tahun 2022

Dwi Latifatul Fajri
16 Maret 2022, 17:40
Ilustrasi, Ratu Denmark Margrethe II. Denmark dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia 2022.
ANTARA FOTO/REUTERS/Annegret Hilse/WSJ/cf
Ilustrasi, Ratu Denmark Margrethe II. Denmark dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia 2022.

Tingkat kebersihan sangat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat suatu negara. Kualitas hidup ini tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas udara saja, melainkan juga faktor lain seperti penanganan limbah dan sanitasi.

Berdasarkan riset yang dilakukan Universitas Yale, Universitas Columbia dan Forum Ekonomi Dunia, Denmark menempati urutan pertama negara terbersih di dunia. Negara Skandinavia ini mendapatkan skor Environmental Performance Index (EPI) 82,5 poin. Pengukuran EPI ini dilakukan terhadap 180 negara.

Peringkat kedua negara terbersih di dunia adalah Luxembourg (82,3 poin). Diikuti oleh Swiss (81,5 poin), Britania Raya (81,3 poin), dan Perancis (80 poin). Sementara itu Indonesia mendapatkan skor 37,8 poin dan berada di posisi 116.

Mengutip dari worldpopulationreview.com, EPI mengukur 32 indikator kinerja di 11 kategori yang terkait dengan dua tujuan kebijakan yang menyeluruh, yakni vitalitas ekosistem dan kesehatan lingkungan. Kategori-kategori ini termasuk kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati dan habitat, dan keberlanjutan. Setelah ditabulasi, negara-negara diurutkan dari yang paling bersih hingga yang paling kotor. Dengan cara ini, dapat terlihat sekilas seberapa efektif tujuan lingkungan mereka.

Seperti diketahui, setiap negara memiliki kebijakan lingkungan. Contohnya negara memiliki kualitas udara tinggi karena sedikitnya masyarakat yang terkena partikel berbahaya seperti partikel halus (PM 2.5).

Negara yang memiliki tingkat polusi tinggi, warganya rentan terkena penyakit tidak menular sebanyak 72% dari semua kematian. Sedangkan 16% lainnya disebabkan karena polusi udara.

Negara Terbersih Di Dunia 2022

Mengutip dari trackpollution.com berikut ini urutan negara terbersih di dunia 2022 berdasarkan Indeks Kinerja Lingkungan atau EPI adalah sebagai berikut.

1. Denmark

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Denmark mendapatkan predikat sebagai negara terbersih di dunia dengan skor 82,5 poin. Skor dihitung berdasarkan lingkungan, pengolahan air limbah, pengelolaan air, dan perlindungan spesies.

Negara tersebut diketahui telah berhasil meningkatkan penggunaan alat ramah lingkungan seperti transportasi listrik dan peralatan listrik.

Denmark juga menerapkan hukum pada kebijakan efek rumah kaca dan emisi gas beracun. Selain itu warga negara Denmark memiliki kehidupan sosial tinggi dan masuk sebagai negara rendah korupsi.

2. Luksemburg

Luksemburg berada di peringkat kedua dengan skor EPI 81,5 poin. Negara di benua Eropa tersebut meningkatkan kepedulian lingkungan. Luksemburg termasuk negara kecil yang memiliki luas 1.650 kilometer persegi (km2), dengan jumlah penduduk sekitar 600.000 jiwa.

Lingkungan Luksemburg sendiri masih tergolong alami, terdiri dari perbukitan, pedesaan, dan taman alami yang memiliki pemandangan indah.

Pertumbuhan populasi yang meningkat, membuat pemerintah Luksemburg menerapkan Undang-undang (UU) dan kebijakan ramah lingkungan. Aturan ini beberapa di antaranya terkait pengurangan emisi gas beracun, kualitas air, dan penyebaran polusi yang baik.

3. Swiss

Peringkat ketiga negara terbersih di dunia ditempati oleh Swiss, dengan skor EPI 81,3 poin. Mengutip worldpopulationreview.com, Swiss bahkan mendapat skor sangat tinggi untuk kualitas air minum (100) dan sanitasi (100).

Swiss juga tercatat menyamai skor sempurna Denmark dalam Indeks Perlindungan Spesies (Species Protection Index/SPI).

4. Inggris Raya

Posisi keempat ditempati oleh Inggris Raya dengan skor EPI 81,3, sama dengan Swiss. Penerapan kebijakan yang ketat dalam hal kebersihan didasarkan atas peningkatan populasi yang cukup pesat. Saat ini, Inggris Raya memiliki penduduk sekitar 66 juta jiwa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...