10 Daftar Negara Terbersih di Dunia Tahun 2022

Negara terbersih di dunia adalah Denmark. Sementara itu negara terbersih di Asia ada Singapura. Berikut 10 besar negara terbersih di dunia tahun 2022.
Dwi Latifatul Fajri
16 Maret 2022, 17:40
Ilustrasi, Ratu Denmark Margrethe II. Denmark dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia 2022.
ANTARA FOTO/REUTERS/Annegret Hilse/WSJ/cf
Ilustrasi, Ratu Denmark Margrethe II. Denmark dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia 2022.

Tingkat kebersihan sangat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat suatu negara. Kualitas hidup ini tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas udara saja, melainkan juga faktor lain seperti penanganan limbah dan sanitasi.

Berdasarkan riset yang dilakukan Universitas Yale, Universitas Columbia dan Forum Ekonomi Dunia, Denmark menempati urutan pertama negara terbersih di dunia. Negara Skandinavia ini mendapatkan skor Environmental Performance Index (EPI) 82,5 poin. Pengukuran EPI ini dilakukan terhadap 180 negara.

Peringkat kedua negara terbersih di dunia adalah Luxembourg (82,3 poin). Diikuti oleh Swiss (81,5 poin), Britania Raya (81,3 poin), dan Perancis (80 poin). Sementara itu Indonesia mendapatkan skor 37,8 poin dan berada di posisi 116.

Mengutip dari worldpopulationreview.com, EPI mengukur 32 indikator kinerja di 11 kategori yang terkait dengan dua tujuan kebijakan yang menyeluruh, yakni vitalitas ekosistem dan kesehatan lingkungan. Kategori-kategori ini termasuk kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati dan habitat, dan keberlanjutan. Setelah ditabulasi, negara-negara diurutkan dari yang paling bersih hingga yang paling kotor. Dengan cara ini, dapat terlihat sekilas seberapa efektif tujuan lingkungan mereka.

Advertisement

Seperti diketahui, setiap negara memiliki kebijakan lingkungan. Contohnya negara memiliki kualitas udara tinggi karena sedikitnya masyarakat yang terkena partikel berbahaya seperti partikel halus (PM 2.5).

Negara yang memiliki tingkat polusi tinggi, warganya rentan terkena penyakit tidak menular sebanyak 72% dari semua kematian. Sedangkan 16% lainnya disebabkan karena polusi udara.

Negara Terbersih Di Dunia 2022

Mengutip dari trackpollution.com berikut ini urutan negara terbersih di dunia 2022 berdasarkan Indeks Kinerja Lingkungan atau EPI adalah sebagai berikut.

1. Denmark

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Denmark mendapatkan predikat sebagai negara terbersih di dunia dengan skor 82,5 poin. Skor dihitung berdasarkan lingkungan, pengolahan air limbah, pengelolaan air, dan perlindungan spesies.

Negara tersebut diketahui telah berhasil meningkatkan penggunaan alat ramah lingkungan seperti transportasi listrik dan peralatan listrik.

Denmark juga menerapkan hukum pada kebijakan efek rumah kaca dan emisi gas beracun. Selain itu warga negara Denmark memiliki kehidupan sosial tinggi dan masuk sebagai negara rendah korupsi.

2. Luksemburg

Luksemburg berada di peringkat kedua dengan skor EPI 81,5 poin. Negara di benua Eropa tersebut meningkatkan kepedulian lingkungan. Luksemburg termasuk negara kecil yang memiliki luas 1.650 kilometer persegi (km2), dengan jumlah penduduk sekitar 600.000 jiwa.

Lingkungan Luksemburg sendiri masih tergolong alami, terdiri dari perbukitan, pedesaan, dan taman alami yang memiliki pemandangan indah.

Pertumbuhan populasi yang meningkat, membuat pemerintah Luksemburg menerapkan Undang-undang (UU) dan kebijakan ramah lingkungan. Aturan ini beberapa di antaranya terkait pengurangan emisi gas beracun, kualitas air, dan penyebaran polusi yang baik.

3. Swiss

Peringkat ketiga negara terbersih di dunia ditempati oleh Swiss, dengan skor EPI 81,3 poin. Mengutip worldpopulationreview.com, Swiss bahkan mendapat skor sangat tinggi untuk kualitas air minum (100) dan sanitasi (100).

Swiss juga tercatat menyamai skor sempurna Denmark dalam Indeks Perlindungan Spesies (Species Protection Index/SPI).

4. Inggris Raya

Posisi keempat ditempati oleh Inggris Raya dengan skor EPI 81,3, sama dengan Swiss. Penerapan kebijakan yang ketat dalam hal kebersihan didasarkan atas peningkatan populasi yang cukup pesat. Saat ini, Inggris Raya memiliki penduduk sekitar 66 juta jiwa.

Berdasarkan indeks EPI, Inggris memiliki pengelolaan lingkungan yang baik dari air minum, sanitasi, dan pengelolaan limbah. Selain itu, Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki pendapatan tinggi di dunia.

5. Perancis

Peringkat kelima negara terbersih di dunia ditempati oleh Perancis, dengan total skor EPI 80. Perancis memiliki industri dan kontributor polusi di dunia. Itu sebabnya pemerintah Perancis menerapkan kebijakan dan UU untuk mengurangi polusi.

Meski mencatatkan diri sebagai negara industri maju, hampir 80% sumber energi Perancis berasal dari tenaga nuklir. Ini secara signifikan mengurangi emisi karbon dan membantunya mencapai skor 100 sempurna dalam hal emisi polusi. Inisiatif lingkungan lain yang diterapkan Prancis di antaranya adalah penggunaan turbin air di sepanjang sungainya.

Selain itu, reputasi Perancis yang merupakan destinasi pariwisata terkenal di Eropa membuat pemerintahnya menerapkan standar tinggi untuk kebijakan lingkungan.

6. Austria

Skor EPI negara Austria mencapai 79,6 EPI lebih sedikit dari poin 80. Namun, Austria masuk dalam 5 negara teratas untuk pertanian ramah lingkungan dan ekosistem. Sekitar dua pertiga negara tersebut dipenuhi dengan tanaman hijau, hutan, dan habitat alami hewan.

7. Finlandia

Peringkat ketujuh ditempati oleh Finlandia, yang mampu mencapai skor EPI 79. Hal ini daat dicapai karena sekitar 35% % energi Finlandia berasal dari sumber energi terbarukan.
Finlandia tercatat menempati peringkat pertama di dunia untuk kesehatan lingkungan (99,3) dan kualitas udara (98,8).

Negara ini juga mencapai skor sempurna 100, kualitas sanitasi dan air minum, serta memiliki paparan logam berat yang sangat rendah. Negara ini juga memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

8. Swedia

Swedia menempari peringkat kedelapan negara terbersih di dunia dengan skor EPI 78,7. Negara ini merupakan salah satu negara yang paling fokus pada kebijakan keberlanjutan. Swedia dikenal karena emisi karbondioksida (CO2) yang sangat rendah, berkat kebijakan penerapan sumber energi terbarukan yang telah dilakukan sejak lama.

Swedia juga fokus pada alam dan telah meningkatkan penghijauan di seluruh wilayahnya, guna melestarikan ribuan hektar hutan.

9. Norwegia

Norwegia menempati peringkat sembilan negara terbersih di dunia, dengan skor EPI 77,7. Negara Skandinavia ini mendapatkan skor sempurna untuk kualitas sanitas dan air minum.

Untuk kualitas udara, Norwegia mendapatkan skor 97,9, tertinggi kelima secara global. Hal ini tercapai karena 97% sumber energi di Norwegia menggunakan energi terbarukan.

10. Jerman

Peringkat kesepuluh negara terbersih di dunia ditempati oleh Jerman, dengan skor EPI 77,2. Sebagai salah satu negara paling maju secara teknologi di dunia, Jerman mencatatkan skor sempurna untuk kualitas sanitasi, dan menempati peringkat keempat untuk keanekaragaman hayati.

Sebagai negara yang tengah menuju revolusi energi terbarukan, Jerman terus meningkatkan keramahan lingkungannya melalui inisiatif hijau dan investasi dalam ekonomi keberlanjutan.

Negara Terbersih di Asia

Mengutip dari tourradar.com, negara terbersih di Asia urutan pertama adalah Singapura. Berdasarkan Global Peace Index, Singapura menjadi negara terbersih karena mempertahankan ruangan hijau. Selain itu Singapura menyediakan tempat wisata seperti safari hewan di malam hari.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait