Ciri-ciri dan Contoh Kalimat Pujian

Image title
18 Maret 2022, 14:33
Ilustrasi pertemanan. Kalimat pujian acap kali diutarakan dalam hubungan pertemanan. Contoh kalimat pujian terhadap penampilan atau prestasi bisa memberikan manfaat bagi moral seseorang.
pixabay.com
Ilustrasi pertemanan. Kalimat pujian acap kali diutarakan dalam hubungan pertemanan. Contoh kalimat pujian terhadap penampilan atau prestasi bisa memberikan manfaat bagi moral seseorang.

Dalam hidup bersosial, ada kalanya kita melontarkan kalimat pujian sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi kepapa orang lain. Pujian juga biasanya muncul ketika melihat sesuatu yang dianggap baik dan memunculkan rasa kagum.

Kebanyakan orang akan senang mendapat kalimat pujian dari keluarga, teman, atau orang terdekat mereka. Sebab, tidak semua orang memerhatikan usaha yang telah dilakukan, baik usaha dalam hal penampilan, memperbaiki bentuk tubuh, atau memeroleh prestasi di sekolah maupun pekerjaan.

Advertisement

Namun, beberapa orang bingung bagaimana cara yang baik untuk merespons pujian. Padahal, banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menanggapi kalimat pujian, seperti mengucapkan terima kasih atau mengelak. Respons mengelak bukan berarti tidak menghargai pujian yang diberikan, melainkan sebagai bentuk kerendahan diri.

Memuji dan merespons pujian adalah salah satu bentuk tindak tutur yang berfungsi menjalin solidaritas dan keakraban antar penutur dan lawan tutur.

Manfaat Kalimat Pujian

Kalimat pujian memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan rasa percaya diri, membuat seseorang lebih bersemangat, menurunkan risiko depresi, hingga mempererat hubungan dengan seseorang.

Di samping itu, kalimat pujian dapat meningkatkan suasanan hati seseorang. Apalagi, kalau kalimat pujian tersebut diberikan ketika seseorang sedang berproses, sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan sesuatu lebih baik lagi.

Dalam suatu studi yang dilakukan pada 2010 oleh Naomi Grant, Profesor madya di Mount Royal University Kanada, menunjukan bahwa memuji seseorang memiliki efek timbal-balik yang positif.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement