Definisi, Susunan, dan Contoh Teks Argumentasi

Image title
21 Maret 2022, 12:30
Ilustrasi, penulisan teks argumentasi. Contoh teks argumentasi, yang berisi susunan sesuai kaidah dapat menjadi referensi bagi penulis dan pembaca yang hendak memulai menulis teks argumentasi.
StockSnap/Pixabay
Ilustrasi, penulisan teks argumentasi. Contoh teks argumentasi, yang berisi susunan sesuai kaidah dapat menjadi referensi bagi penulis dan pembaca yang hendak memulai menulis teks argumentasi.

Bagi para penulis atau pembaca yang suka tulisan dengan gaya atau pendekatan persuasif dengan sajian fakta dan data, teks argumentasi bisa menjadi pilihan. Sebab, jenis teks ini merupakan salah satu teks yang kritis dalam menyikapi isu ataupun permasalahan yang sedang terjadi.

Secara singkat teks argumentasi adalah suatu bentuk ulisan yang ditulis berdasarkan alasan, bukti dan fakta yang terjadi. Teks argumentasi adalah teks yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar menerima data dan fakta yang disuguhkan dalam tulisan.

Dalam hal proses penulisan, teks argumentasi memperoleh banyak pengaruh dari pembaca, ditulis secara kritis dan logis. Adapun, caranya yaitu dengan membaca buku, melakukan penelitian, wawancara dan masih banyak lagi.

Penjelasan Singkat Tentang Teks Argumentasi

Berikut pengertian tentang teks argumentasi yang dilansir dari situs penerbitbukudeepublish.com:

1. Menurut Dalman

Pengertian pertama dari Dalman yang menjelaskan bahwa teks argumentasi adalah suatu tulisan yang memiliki orientasi demi meyakinkan pembaca. Jadi pembaca yang membaca tulisannya terdoktrin secara sikap, tingkah laku maupun sikap. Teks argumentasi juga dapat diartikan sebagai upaya penulis untuk membuktikan kebenaran yang dianggap salah dipahami.

2. Menurut Atar Semi

Pengertian kedua dari teks argumentasi datang dari Atar Semi, yang mengungkapkan bahwa teks argumentasi sebagai tulisan yang berupaya meyakinkan dan membujuk pembaca tentang kebenaran pendapat penulis. Salah satu cara meyakinkan pembaca dengan menyajikan data-data yang relevan, logis dan berkredibel.

Struktur Teks Argumentasi

Berikut susunan teks argumentasi yang terdiri atas beberapa susunan antara lain:

1. Pendahuluan

Dalam penulisan ini diungkapkan hal yang menarik dari tema atau tulisan yang kamu bahas. Kamu cukup menulis secara gamblang, singkat, padat namun tetap memiliki daya tarik agar pembaca tertarik ingin membaca lebih lanjut ke bagian tubuh argumen.

2. Badan Argumen

Dalam badan atau isi argumen, dapat dijelaskan bahwa tujuannya agar lebih tertata, terstruktur dan mudah dipahami oleh pembaca. Jangan lupa tulis memasukan fakta dan data. Misal dengan memasukan observasi, eksperimen maupun dengan cara mencantumkan sumber-sumber.

3. Kesimpulan

Kesimpulan dapat ditulis menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Tentu saja tetap mengutamakan kelogisan dan penalaran yang masuk akal.

Itulah tiga struktur teks argumentasi yang bisa kamu buat. Jika dilihat dari bentuk strukturnya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan struktur penulisan teks lain.

Contoh Teks Argumentasi

Berikut ini tiga contoh teks argumentasi, yang dapat dijadikan referensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...