Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor Penyebab, dan Jenisnya

Dwi Latifatul Fajri
21 Maret 2022, 14:23
Ilustrasi, Sejumlah calon penumpang KRL melihat tawuran warga di Stasiun Manggarai, Jakarta. Tawuran menjadi salah satu contoh penyimpangan sosial yang acap kali terjadi di masyarakat.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, Sejumlah calon penumpang KRL melihat tawuran warga di Stasiun Manggarai, Jakarta. Tawuran menjadi salah satu contoh penyimpangan sosial yang acap kali terjadi di masyarakat.

Penyimpangan sosial termasuk perilaku yang bertentangan dengan norma dan aturan. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, norma dan aturan penting untuk menjaga ketertiban dan perilaku.

Perilaku yang menyimpang memiliki sisi positif dan negatif. Jika dilihat dari segi perilaku, ada perbedaan antara konformitas dan penyimpangan.

Konsep konformitas berkaitan dengan sosialisasi. Antara konformitas dan penyimpangan, saling berbeda satu sama lain. Konformitas mengarah pada sisi positif, sedangkan penyimpangan mengarah ke negatif.

Mengutip buku Geografi dan Sosiologi 2, konformitas adalah interaksi individu yang berperilaku, sesuai kelompok tertentu.

Sementara itu penyimpangan adalah interaksi individu yang perilakunya tidak sesuai dengan kelompok. Penyimpangan bisa terjadi karena perbedaan pemahaman antara generasi tua dan muda.

Penyimpangan sosial terjadi karena individu atau kelompok melanggar norma dan aturan. Contoh penyimpangan sosial yaitu pencurian, naik motor dengan kecepatan tinggi, perampokan, dan masih banyak lagi.

Pengertian Penyimpangan Menurut Para Ahli

1. Robert Mz Lawang

Penyimpangan adalah tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku. Dalam suatu sistem sosial, penyimpangan menimbulkan usaha dari pihak berwenang untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang.

2. James Van der Zonden

Penyimpangan adalah perilaku yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai hal tercela dan di luar batas toleransi.

3. Edvin N. Sutherland

Penyimpangan berasal dari pergaulan dengan kelompok orang yang telah menyimpang. Sehingga penyimpangan diperoleh melalui

4. Gillin

Penyimpangan merupakan perilaku yang menyimpang dari norma dan nilai sosial keluarga dan masyarakat.

Dari pengertian di atas menjelaskan penyimpangan sosial terjadi karena individu melanggar norma yang berlaku. Contohnya individu yang berkelahi satu sama lain, kemudian warga melerai.

Jenis Penyimpangan Sosial

Jenis penyimpangan sosial dibedakan menjadi beberapa kategori. Menurut buku Sosiologi 1, berikut jenis perilaku menyimpang berdasarkan kategori.

1. Berdasarkan Tipe Penyimpangan

  • Penyimpangan primer

Merupakan bentuk penyimpangan perilaku seseorang atau kelompok, tetapi perilaku sifatnya tidak permanen. Contoh penyimpangan primer adalah perilaku takut terlambat, sehingga seorang siswa bersepeda sangat cepat.

Sementara itu pelanggarnya mendapatkan pemakluman dari masyarakat. Pelaku penyimpangan primer tidak dicap sebagai orang yang suka ngebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...