Tak Hanya untuk Investasi, Ini 9 Manfaat Emas Bagi Kehidupan Manusia

Emas adalah logam mulia yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tak hanya untuk investasi, berikut ini sembilan manfaat emas dalam berbagai bidang kehidupan.
Image title
23 Maret 2022, 09:14
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Manfaat emas tidak hanya sekadar untuk investasi, melainkan juga digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Manfaat emas tidak hanya sekadar untuk investasi, melainkan juga digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Emas merupakan logam mulia yang nilainya cukup tinggi. Wajar jika akhirnya barang ini sering digunakan untuk berinvestasi. Namun siapa sangka jika manfaat emas ternyata tidak hanya untuk investasi. Emas juga bisa dimanfaatkan dalam bidang sosial, agama, industri, kesehatan, dan lain sebagainya.

Manfaat Emas

Mengutip dari library.binus.ac.id, emas, tembaga, dan perak adalah logam mulia yang pertama kali ditemukan manusia. Emas diketahui sudah ada sejak tahun 5000 sebelum Masehi. Emas menjadi logam mulia karena sifatnya yang stabil, tidak berubah zat, tidak beroksidasi di udara normal, dan mengandung unsur murni.

Meskipun sifatnya cukup stabil, namun harga emas ternyata bisa naik atau turun yang dipengaruhi oleh banyak faktor. OJK dalam situs sikapiuangmu.ojk.go.id, menyebutkan beberapa faktor yang membuat harga emas naik turun, antara lain; ketidakpastian situasi global, hukum penawaran dan permintaan, kebijakan moneter, inflasi, dan nilai tukar dolar Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan dari PT. Antam Tbk, per 22 Maret 2022 harga emas antam Rp989.000 per gram atau naik sekitar 0,6% dibandingkan hari sebelumnya.

Advertisement

Terlepas dari harganya, emas memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia. Berdasarkan penjelasan di finansialku.com dan sahabatpegadaian.com, berikut ini beberapa manfaat emas bagi kehidupan manusia.

1. Bidang Ekonomi

Zaman dahulu, emas digunakan sebagai alat tukar perdagangan. Kemudian seiring dengan perkembangan zaman, emas digunakan untuk keperluan transaksi. Namun, saat ini emas sudah tidak digunakan lagi untuk transaksi karena jumlahnya mulai menipis.

Di lain hal, emas juga digunakan sebagai cadangan devisa negara karena nilai jualnya yang tinggi. Maka dari itu, banyak orang menjadikan emas sebagai instrumen investasi.

2. Bidang Sosial

Dalam bidang sosial, manfaat emas lebih untuk menunjukkan simbol kemakmuran. Semakin banyak emas dan perhiasan yang dimiliki, maka semakin tinggi kedudukannya dalam strata sosial. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang senang mengoleksi emas baik dalam bentuk emas murni maupun perhiasan.

3. Bidang Agama

Emas sudah digunakan dalam berbagai agama. Bahkan emas sudah digunakan sejak zaman Nabi Muhammad SAW, sebagai alat transaksi dalam bentuk koin. Tak hanya itu, di Indonesia kita sering dijumpai peninggalan kerajaan Hindu Budha yang terbuat dari emas. Manfaat emas di bidang agama ini utamanya untuk menggambarkan dewa-dewa sesembahan agama Hindu.

4. Bidang Industri

Manfaat emas tergolong krusial untuk industri,karena merupakan logam yang sifatnya lunak dan mudah ditempa. Karena sifatnya ini, banyak industri yang menggunakan emas sebagai bahan baku baku perhiasan dalam bentuk cincin, kalung, gelang, atau anting. Selain untuk perhiasan, emas juga bisa digunakan untuk cinderamata dan barang koleksi lainnya.

5. Bidang Kesehatan

Siapa sangka jika emas juga bermanfaat dalam bidang kesehatan. Salah satu contoh manfaat emas untuk bidang kesehatan adalah digunakan untuk menambal gigi berlubang dan mengganti gigi asli dengan gigi palsu berlapis emas. Bahan emas dipilih karena sifatnya yang tidak bereaksi terhadap oksidasi dan tidak berkarat.

Sementara itu, menurut penjelasan di klikdokter.com, manfaat emas dalam bidang kesehatan antara lain:

  • Baik untuk kulit karena kandungan antioksidan yang tinggi.
  • Bahan antipenuaan.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Membantu bahan skincare bekerja lebih efektif.

6. Bidang Elektronik

Manfaat emas berikutnya adalah sebagai komponen produksi alat-alat elektronik. Beberapa alat elektronik yang dimaksud antara lain, radio, elevise, komputer, dan perangkat lain.

Selain itu, ada juga telepon genggam atau ponsel, serta alat elektronik lain yang menggunakan emas sebagai bahan pelapis. Hal ini dikarenakan emas mempunyai sifat tahan korosi, penghantar panas yang baik, dan mendukung sistem pengiriman data pada komputer.

7. Seremonial

Kita pasti sudah sering melihat medali atau trophy emas dalam sebuah kerjuaraan. Bahan emas dinilai cocok sebagai bahan penghargaan kejuaraan. Biasanya medali atau trophy emas akan diberikan kepada juara pertama atas dedikasi yang sudah dilakukannya.

8. Pemantul Radiasi

Manfaat emas juga terlihat dalam proses pembuatan kaca khusus, seperti kaca tebal di gedung bertingkat. Emas yang digunakan dalam pembuatan kaca gedung akan membuat warna kaca menjadi indah dan menarik. Tak hanya itu, campuran emas juga bisa memantulkan radiasi sinar matahari. Sehingga membuat suasana dalam gedung lebih sejuk.

Selain digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kaca gedung, emas juga biasa digunakan untuk membuat pelindung helm astronaut. Penambahan emas dalam pelindung helm astronaut diketahui bisa melindungi mata dan kulit astronaut ketika berada di luar angkasa.

9. Bahan Sirkuit Pesawat Luar Angkasa

NASA diketahui menggunakan emas sebagai elemen penting pada pesawat luar angkasanya. Emas berguna untuk menangkal radiasi berlebih. Emas juga digunakan dalam sirkuit berbagai mesin pesawat luar angkasa karena mempunyai sifat konduktor yang baik dan anti karat.

Itulah beberapa manfaat emas di kehidupan manusia. Dari penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa emas tidak hanya digunakan untuk berinvestasi, namun juga berguna dalam berbagai bidang lain.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait