Tak Hanya untuk Investasi, Ini 9 Manfaat Emas Bagi Kehidupan Manusia

Siti Nur Aeni
23 Maret 2022, 09:14
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Manfaat emas tidak hanya sekadar untuk investasi, melainkan juga digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Manfaat emas tidak hanya sekadar untuk investasi, melainkan juga digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Emas merupakan logam mulia yang nilainya cukup tinggi. Wajar jika akhirnya barang ini sering digunakan untuk berinvestasi. Namun siapa sangka jika manfaat emas ternyata tidak hanya untuk investasi. Emas juga bisa dimanfaatkan dalam bidang sosial, agama, industri, kesehatan, dan lain sebagainya.

Manfaat Emas

Mengutip dari library.binus.ac.id, emas, tembaga, dan perak adalah logam mulia yang pertama kali ditemukan manusia. Emas diketahui sudah ada sejak tahun 5000 sebelum Masehi. Emas menjadi logam mulia karena sifatnya yang stabil, tidak berubah zat, tidak beroksidasi di udara normal, dan mengandung unsur murni.

Meskipun sifatnya cukup stabil, namun harga emas ternyata bisa naik atau turun yang dipengaruhi oleh banyak faktor. OJK dalam situs sikapiuangmu.ojk.go.id, menyebutkan beberapa faktor yang membuat harga emas naik turun, antara lain; ketidakpastian situasi global, hukum penawaran dan permintaan, kebijakan moneter, inflasi, dan nilai tukar dolar Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan dari PT. Antam Tbk, per 22 Maret 2022 harga emas antam Rp989.000 per gram atau naik sekitar 0,6% dibandingkan hari sebelumnya.

Terlepas dari harganya, emas memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia. Berdasarkan penjelasan di finansialku.com dan sahabatpegadaian.com, berikut ini beberapa manfaat emas bagi kehidupan manusia.

1. Bidang Ekonomi

Zaman dahulu, emas digunakan sebagai alat tukar perdagangan. Kemudian seiring dengan perkembangan zaman, emas digunakan untuk keperluan transaksi. Namun, saat ini emas sudah tidak digunakan lagi untuk transaksi karena jumlahnya mulai menipis.

Di lain hal, emas juga digunakan sebagai cadangan devisa negara karena nilai jualnya yang tinggi. Maka dari itu, banyak orang menjadikan emas sebagai instrumen investasi.

2. Bidang Sosial

Dalam bidang sosial, manfaat emas lebih untuk menunjukkan simbol kemakmuran. Semakin banyak emas dan perhiasan yang dimiliki, maka semakin tinggi kedudukannya dalam strata sosial. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang senang mengoleksi emas baik dalam bentuk emas murni maupun perhiasan.

3. Bidang Agama

Emas sudah digunakan dalam berbagai agama. Bahkan emas sudah digunakan sejak zaman Nabi Muhammad SAW, sebagai alat transaksi dalam bentuk koin. Tak hanya itu, di Indonesia kita sering dijumpai peninggalan kerajaan Hindu Budha yang terbuat dari emas. Manfaat emas di bidang agama ini utamanya untuk menggambarkan dewa-dewa sesembahan agama Hindu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...