Turki, Tujuan Wisata Favorit Warga RI saat Nataru di Platform Online

Ashanty dikabarkan terpapar Covid-19 setelah berlibur ke Turki. Negara ini memang menjadi tujuan wisata favorit warga Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru.
Desy Setyowati
7 Januari 2022, 15:16
Turki, ashanty, omicron, tiket.com,
MakeMyTrip
Cappadocia Turki

Turki menjadi tujuan wisata favorit warga Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru, berdasarkan data Tiket.com dan ShopBack. Negara ini belakangan tren karena serial Layangan Putus dan menjadi pilihan beberapa selebritas, seperti Ashanty dan Atta Halilintar.

Namun keduanya dikabarkan positif Covid-19 usai melancong dari Turki. Kementerian Kesehatan mencatat enam dari 13 pelaku perjalanan luar negeri terdeteksi positif virus corona dan masih menunggu hasil pemeriksaan tes untuk menentukan infeksi varian Omicron.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan hasil tersebut diketahui dari tes Polymerase Chain Reaction (PCR). "Memang ada pelaku perjalanan luar negeri, salah satunya inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif," kata dia saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (7/1).

Nadia menyatakan Kemenkes masih menunggu hasil  pemeriksaan S gene target failure dan whole genome sequencing untuk mengetahui infeksi varian Covid-19 Omicron. "Belum bisa dipastikan apakah A dan rombongan lain tertular varian Omicron."

Advertisement

Mengutip dari Instagram story @ashanty_ash, ia telah menjalani dua kali tes PCR, yaitu di Istanbul dan bandara di Indonesia. Ashanty pun melakukan karantina di hotel sambil menunggu hasil tes PCR di bandara.

Hasil tes PCR menunjukkan positif Covid-19. Ashanty pun melakukan isolasi di sebuah rumah sakit yang sudah disetujui oleh Satgas Penanganan Covid-19.

"Karena saya punya penyakit autoimun dan demi keselamatan bersama, saya isolasi di RS," tulis Ashanty.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ashanty new acc (@ashantyasix)

Berdasarkan data internal Tiket.com dan Shopback, Turki memang menjadi destinasi wisata luar negeri favorit selama libur Natal dan Tahun Baru. Tiket.com mencatat, transaksi tiket pesawat tumbuh hingga 45% selama periode Online Tiket Week (OTW) dibandingkan dua minggu sebelumnya.

Produk yang paling diminati yakni:

  1. Penerbangan dengan destinasi favorit dari Jakarta ke Medan, Denpasar, dan Surabaya untuk penerbangan domestik. Sedangkan tujuan internasional yakni Istanbul, Turki.
  2. Hotel di Bali. Diikuti oleh hotel dan akomodasi di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
  3. Produk perlengkapan pokok perjalanan dan tiket masuk ke berbagai atraksi wisata di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat di fitur tiket To Do.

ShopBack pun mencatat, transaksi layanan wisata (travel) melonjak 10 kali lipat saat festival belanja 11.11 atau menjelang Natal 2021. Platform yang diminati Tiket.com, Agoda, Booking.com, dan PegiPegi.

Startup asal Singapura itu juga mencatat, destinasi wisata luar negeri yang paling banyak dipesan saat pesta diskon 10.10 2021 yakni:

  1. Turki
  2. Timur Tengah
  3. Amerika Serikat (AS)
  4. Hong Kong
  5. Jepang
  6. Inggris
  7. Belanda
  8. Kanada
  9. Spanyol
  10. Italia

Saat itu, pemerintah memang membuka akses bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin berlibur ke 15 negara yakni AS, Kroasia, Dubai, Finlandia, Jerman, Maldives, Mesir, Maroko, Prancis, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, dan Singapura.

Sedangkan tujuan wisata dalam negeri yang diminati saat 10.10 yakni:

  1. Malang
  2. Surabaya
  3. Jakarta
  4. Bandung
  5. Bali

Berdasarkan survei ShopBack, sebanyak 55,7% dari total 13.358 responden menyatakan berencana untuk berwisata. Mayoritas dari mereka pun merasa aman untuk bepergian saat ini.  Rinciannya sebagai berikut:

Travel Sentimen di Indonesia pada 10.10 2021
Travel Sentimen di Indonesia pada 10.10 2021 (ShopBack)

Reporter: Rizky Alika, Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait