7 Makanan Khas Bangka yang Unik dan Populer

Image title
23 Maret 2022, 14:34
Ilustrasi, makanan khas Bangka
freepik.com
Ilustrasi, makanan khas Bangka

Sebagai negara maritim, tentunya Indonesia mempunyai potensi bahari yang sangat besar. Beragam jenis ikan di laut kita dengan nilai gizi tinggi dapat ditangkap, kemudian diolah menjadi kuliner yang nikmat.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan kuliner lautnya adalah Pulau Bangka. Selain olahan ikan, masih banyak lagi makanan khas Bangka yang wajib dicicipi.

Sebagai rekomendasi, berikut rangkuman daftar makanan khas Bangka populer dengan keunikan rasa dan kelezatannya.

Makanan Khas Bangka

Pulau Bangka merupakan daerah yang masuk ke dalam Provinsi Bangka Belitung. Mengutip buku Resep Rahasia Turun Temurun Sumatera, Jawa & Sulawesi, makanan khas Bangka didominasi oleh kuliner berbahan baku hasil laut segar atau awetan. Umumnya kuliner tersebut diolah dengan cara dimasak dan ditambahkan tepung.

Seperti kuliner di daerah lain, makanan khas Bangka punya ciri dan karakteristik tersendiri. Salah satunya yaitu penggunaan bumbu seperti kecap asin serta tauco Bangka.

Masih merujuk dalam buku yang sama, buku Kuliner Khas Tionghoa Di Indonesia: Rahasia Resep dan Kisah di Baliknya, serta sumber lainnya berikut pembahasan tentang daftar makanan khas Bangka yang wajib diketahui:

1. Lempah

Makanan khas Bangka yang populer dan masih dihidangkan pada upacara adat adalah lempah.

Lempah merupakan hidangan kuah yang punya aroma kuat, berkat pemakaian bumbu rempah khas Bangka. Bahan dasarnya yaitu daging sapi serta daging ikan segar.

Makanan khas Bangka ini masih eksis hingga sekarang, dan sering dihidangkan dalam upacara adat atau disantap bersama keluarga. Di Bangka Belitung, lempah mempunyai tiga varian yaitu lempah kuning, lempah darat, serta lempah bulat.

Khusus lempah kuning, kuliner ini dimasak dengan bumbu kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan rempah lainnya. Lempah bisa menjadi makanan khas Bangka yang wajib untuk dicoba.

2. Berego

Secara tampilan, makanan khas Bangka bernama berego ini mirip seperti lontong. Bedanya bahan berego terdiri atas tepung sagu dan tepung beras.

Umumnya berego disajikan dengan hidangan kuah. Misalnya lempah kuning. Berego sangat mudah ditemukan di daerah Bangka.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...