7 Makanan Khas Bangka yang Unik dan Populer

Makanan khas Bangka biasanya berbahan dasar dari hasil tangkapan laut. Kulinernya punya beragam rasa dengan aroma kuat dari penggunaan bumbu rempah. Berikut daftarnya.
Image title
23 Maret 2022, 14:34
Ilustrasi, makanan khas Bangka
freepik.com
Ilustrasi, makanan khas Bangka

Sebagai negara maritim, tentunya Indonesia mempunyai potensi bahari yang sangat besar. Beragam jenis ikan di laut kita dengan nilai gizi tinggi dapat ditangkap, kemudian diolah menjadi kuliner yang nikmat.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan kuliner lautnya adalah Pulau Bangka. Selain olahan ikan, masih banyak lagi makanan khas Bangka yang wajib dicicipi.

Sebagai rekomendasi, berikut rangkuman daftar makanan khas Bangka populer dengan keunikan rasa dan kelezatannya.

Makanan Khas Bangka

Pulau Bangka merupakan daerah yang masuk ke dalam Provinsi Bangka Belitung. Mengutip buku Resep Rahasia Turun Temurun Sumatera, Jawa & Sulawesi, makanan khas Bangka didominasi oleh kuliner berbahan baku hasil laut segar atau awetan. Umumnya kuliner tersebut diolah dengan cara dimasak dan ditambahkan tepung.

Advertisement

Seperti kuliner di daerah lain, makanan khas Bangka punya ciri dan karakteristik tersendiri. Salah satunya yaitu penggunaan bumbu seperti kecap asin serta tauco Bangka.

Masih merujuk dalam buku yang sama, buku Kuliner Khas Tionghoa Di Indonesia: Rahasia Resep dan Kisah di Baliknya, serta sumber lainnya berikut pembahasan tentang daftar makanan khas Bangka yang wajib diketahui:

1. Lempah

Makanan khas Bangka yang populer dan masih dihidangkan pada upacara adat adalah lempah.

Lempah merupakan hidangan kuah yang punya aroma kuat, berkat pemakaian bumbu rempah khas Bangka. Bahan dasarnya yaitu daging sapi serta daging ikan segar.

Makanan khas Bangka ini masih eksis hingga sekarang, dan sering dihidangkan dalam upacara adat atau disantap bersama keluarga. Di Bangka Belitung, lempah mempunyai tiga varian yaitu lempah kuning, lempah darat, serta lempah bulat.

Khusus lempah kuning, kuliner ini dimasak dengan bumbu kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan rempah lainnya. Lempah bisa menjadi makanan khas Bangka yang wajib untuk dicoba.

2. Berego

Secara tampilan, makanan khas Bangka bernama berego ini mirip seperti lontong. Bedanya bahan berego terdiri atas tepung sagu dan tepung beras.

Umumnya berego disajikan dengan hidangan kuah. Misalnya lempah kuning. Berego sangat mudah ditemukan di daerah Bangka.

3. Mie Bangka

Setiap daerah di Indonesia punya olahan mie yang nikmat. Hal ini pun bisa ditemukan di Bangka. Salah satu varian mie paling terkenal adalah mie Bangka.

Mie Bangka adalah hidangan mie berkuah polos, yang ditambahkan potongan daging dan bawang goreng. Biasanya, ada juga yang memasukan bakso ikan pada kuliner ini.

Makanan khas Bangka ini sangat mudah dijumpai, mulai dari pedagang kaki lima sampai hidangan mewah di hotel berkelas. Rasa mie Bangka sangat nikmat bila disantap saat masih hangat.

4. Martabak Manis

Bisa dibilang martabak manis merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia, termasuk di Pulau Bangka. Di daerah ini bahkan terdapat martabak manis yang sangat lezat. Isinya berupa kacang serta gula pasir.

5. Kue Si Kentut

Namanya mungkin terdengar aneh bagi masyarakat luar Pulau Bangka, namun di kawasan pulau ini kue si kentut sangat digemari.

Dinamakan kue si kentut, karena daun yang dipakai untuk membungkus kue tersebut adalah daun si kentut. Jika penasaran dengan rasanya, maka wisatawan bisa mencicipinya ketika berlibur ke Bangka.

6. Lakse

Beberapa makanan khas Bangka dipengaruhi oleh budaya Melayu. Hal ini bisa dilihat pada Lakse, salah satu kuliner terkenal asal Bangka Belitung.

Sama seperti berego, lakse kerap dianggap mirip dengan lontong. Padahal kedua jenis kuliner ini cukup berbeda. Lakse mempunyai rasa yang gurih jika disajikan dengan makanan berkuah.

Lakse bisa menjadi hidangan yang cocok untuk disantap saat wisatawan datang berlibur ke Pulau Bangka.

7. Tahu Tok

Di Bangka Belitung ada kuliner berkuah yang cukup terkenal bernama tahu tok. Makanan khas Bangka ini disajikan dengan kuah dan tahu bakso. Tampilannya memang cukup polos, namun rasanya dijamin nikmat. Sebab, jika disantap tahu tok akan memberikan rasa gurih di dalam mulut.

Tahu tok dapat ditemukan dengan mudah di Bangka Belitung. Makanan dengan cita rasa gurih ini, menjadi salah satu hidangan populer di Bangka.

Demikian daftar makanan khas Bangka populer dan wajib dicicipi. Pulau yang terletak kawasan Sumatera ini, memiliki potensi wisata kuliner yang besar dan sayang untuk dilewatkan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait