11 Makanan Khas Kamboja yang Harus Dicoba

Image title
24 Maret 2022, 15:30
Ilustrasi, Num banh chok, makanan khas Kamboja.
asianfoodnetwork.com
Ilustrasi, Num banh chok, makanan khas Kamboja.

Makanan khas Kamboja sudah sepatutnya menjadi bagian dari keseluruhan pengalaman wisata ketika berkunjung ke negara berjuluk Land of the Khmer atau Tanah Kedamaian dan Kemakmuran ini.

Makanan khas dari negara Asia Tenggara yang satu ini biasanya terdiri dari salad, sup, ikan, sayuran dan nasi. Sementara masakan penutupnya biasanya dibuat dari buah-buahan segar dan ketan.

Advertisement

Nasi dan ikan air tawar memainkan peran besar dalam makanan khas Vietnam. Hal tersebut terjadi lantaran keduanya dapat ditemukan dengan mudah dan berlimbah di negara ini. Kamboja memiliki dua sumber utama air tawar alam, yaitu Sungai Mekong dan Tonle Sap, sebuah danau besar yang terhubung ke Sungai Mekong.

Pada musim hujan, Tonle Sap membanjiri sekitar 16.000 km2 wilayah Kamboja, mengairi sawah dan menyediakan tempat berkembang biak bagi ikan.

Makanan Khas Vietnam

Meneruskan catatan Rainforest Cruises, hotels.com dan laman terkait lainnya, berikut makanan khas Kamboja yang mesti dicoba ketika berkunjung ke negara ini.

1. Amok

Amok
Amok, makanan khas Kamboja (taste.com.au)

 

Amok adalah hidangan nasional Kamboja. Hidangan ini terbuat dari ikan kelapa yang harum dan pedas dikukus dalam balutan daun pisang, yang memberikan tekstur seperti meleleh di mulut. Selain itu, bumbu yang dihaluskan, kroeung, ditambahkan ke dalam masakan. Ayam, tahu dan bekicot biasa dijadikan pengganti ikan.

Makanan khas Kamboja ini dijunjung tinggi sebagai hidangan spesial negara ini. Kari krim yang digunakan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pusat-pusat wisata.

2. Samlor Machu Trey

Samlor machu trey termasuk sup populer yang banyak dihidangkan ketika berkunjung ke rumah teman atau sanak saudara di Kamboja. Tidak hanya mudah dibuat, penganan ini juga memiliki rasa yang lezat bagi kebanyakan penduduk lokal.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat samlor machu trey, antara lain ikan, seledri, serai, bawang putih, air asam jawa, tauge, nanas, bumbu dengan gula, garam dan kecap ikan. Beberapa orang juga menambahkan rempah hijau segar dan cabai di atasnya sebelum disajikan.

3. Kuy Teav

Santapan khas yang satu ini banyak dijual oleh pedagang di jalanan Kamboja. Makanan ini sering dijadikan menu sarapan oleh mahasiswa atau para pekerja sebelum memulai aktivitas harian mereka.

Kuy teav atau sup mi ini terbuat dari tulang babi atau sapi yang dilengkapi dengan bihun. Kaldunya yang gurih ditaburi bawang merah goreng dan bawang putih, tauge, daun bawang, dan rempah-rempah aromatik.

4. Num Banh Chok

Num banh chok.
Num banh chok. (asianfoodnetwork.com)

Hidangan mi lainnya yang juga kerap dijadikan menu sarapan atau camilan sore masyarakat lokal adalah num banh chok. Mi beras fermentasi ini dibuat dengan tangan di penggilingan batu atau kayu, direndam dengan kuah serai, daun jeruk purut, lengkuas, kunyit dan ikan air tawar yang telah direbus selama berjam-jam dalam kuah santan.

Untuk topping, num banh chok biasanya menggandeng sayuran mentah seperti batang teratai, mentimun, pisang dan rempah segar seperti mint dan basil.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement