10 Makanan Khas Vietnam yang Unik dan Lezat

Image title
24 Maret 2022, 15:50
Ilustrasi, Mi Quang, makanan khas Vietnam.
takestwoeggs.com
Ilustrasi, Mi Quang, makanan khas Vietnam.

Makanan khas Vietnam cukup unik dan sulit dilupakan. Sama seperti kuliner khas negara-negara Asia Tenggara lain, kuliner dari Vietnam memiliki cita rasa yang kuat, mulai dari dari asin, manis, hingga asam.

Selain rempah, kekayaan cita rasa makanan Vietnam juga diperoleh dari nuoc mam; yang merupakan saus ikan yang difermentasi, gula tebu, sari buah jeruk kalamansi atau cabai rawit.

Makanan khas Vietnam cukup mudah didapat, mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran yang tersebar di sekitaran Hanoi dan wilayah lainnya. Restoran-restoran Vietnam juga sudah banyak berdiri di Indonesia, seperti di Jakarta, Yogyakarta, Bali, sampai Nusa Tenggara Barat.

Makanan Khas Vietnam

Dihimpun dari Rough Guides dan beberapa laman terkait lainnya, berikut makanan khas Vietnam yang mesti dicoba.

1. Goi Cuon (Spring Rolls)

Goi cuon.
Goi cuon, makanan khas Vietnam (housetoniamag.com)

 

Goi cuon adalah lumpia transparan yang dikemas dengan sayuran hijau, ketumbar, dan daging babi atau udang cincang. Variasi selatan memiliki potongan daging panggang yang dibungkus dengan pisang hijau, lalu dicelupkan ke dalam saus kacang.

Hidangan yang satu ini kerap dijadikan makanan pembuka sebelum hidangan utama disajikan. Jika Anda bepergian ke Vietnam Utara, maka Anda mungkin menemukan kalau spring rolls ini disebut sebagai nem cuon.

2. Pho

Pho adalah salah satu penganan yang cukup sering menjadi santapan masyarakat setempat. Saat tengah berjalan-jalan di sekitaran jalanan Vietnam, ada saja kerumunan pelanggan yang tengah menyeruput mi di kedai pho darurat.

Makanan ini terdiri dari bihun, kaldu asin, ayam atau daging sapi, dan taburan rempah-rempah yang sebagian besar disajikan sebagai menu lokal. Harganya yang murah, enak, mengenyangkan dan tersedia di banyak tempat menjadikan pho sebagai hidangan yang cocok di kala perut kosong.

3. Banh Mi

Banh mi
Banh mi (delish.com)

Popularitasnya hampir sebanding dengan pho. Mengutip willflyforfood.net, makanan khas Vietnam yang satu ini dianggap sebagai hidangan nasional Vietnam dan dapat ditemukan hampir di mana saja di Vietnam.

Banh mi adalah kata Vietnam untuk baguette yang diperkenalkan Prancis selama periode kolonial. Tetapi ketika seseorang mengatakan "banh mi", mereka merujuk secara khusus pada roti lapis baguette yang dibuat dengan berbagai jenis daging, sayuran dan bumbu.

Sayuran yang biasa digunakan dalam sandwich banh mie termasuk irisan mentimun, ketumbar, acar wortel, dan lobak parut. Tapi, pada dasarnya banh mi bisa dimasukan sayuran apa saja sesuai selera masing-masing.

4. Banh Xeo

Pancake asal Vietnam yang berukuran besar, murah dan mengenyangkan ini berisi daging, udang, tauge, dan telur yang digoreng, dibungkus kertas nasi dengan sayuran hijau dan dicelupkan ke dalam saus ikan sebelum dimakan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...