Race Director MotoGP Mike Webb Sebut Marshal Sirkuit Mandalika Gesit

Desy Setyowati
20 Maret 2022, 09:44
Marshal MotoGP, motogp, motogp mandalika
Kominfo
Marshal dalam pagelaran MotoGP

Pagelaran balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar selama 19 – 20 Maret. Federasi Motor Internasional (FIM) dan Race Director Pertamina Grand Prix of Indonesia Mike Webb memuji kegesitan para marshal dalam mendukung lomba.

Marshal adalah petugas yang membantu di area lintasan saat terjadi insiden dalam balapan. Marshal terbagi dua, yaitu track marshall dan flag marshall.

Track marshall akan membantu pembalap jika mengalami kecelakaan atau terjatuh dalam trek. Selain itu, membersihkan area trek tempat pembalap terjatuh.

Sedangkan flag track akan mengikuti arahan Clerk of Course (CoC) untuk mengeluarkan bendera.

Dalam gelaran MotoGP kali ini, Sirkuit Mandalika memiliki 31 pos flag marshall. Masing-masing pos terdiri dari dua orang.

Selain itu, ada 34 pos track marshall. Masing-masing pos mencakup lima orang yang terdiri dari radio man, fire man, dan helper.

Ada lebih dari 360 marshal yang disiapkan dalam balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Lombok. Mereka terdiri dari unsur karang taruna Kecamatan Pujut, Brimob Polda NTB, rescuer Basarnas, dan pendamping beberapa marshal dari Malaysia.

Webb mengaku puas dengan kinerja para marshal lintasan Sirkuit Mandalika. Menurutnya, para marshal sangat cakap dan cekatan dalam membersihkan permukaan lintasan.

Selain itu, menunjukkan peningkatan kemampuan pesat sejak pertama dipekerjakan dalam ajang MotoGP di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3).

Priandhi mencontohkan salah satu insiden besar, ketika bagian bawah motor Alex Rins (Suzuki Ecstar) mengeluarkan api setelah Tikungan 12. Alex kemudian meninggalkan motornya di Tikungan 13.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...