7 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022

Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia. Selain Finlandia ada Denmark, Swiss, Islandia, dan Norwegia yang masuk daftar negara paling bahagia. Berikut 7 negara paling bahagia di dunia.
Dwi Latifatul Fajri
15 Maret 2022, 17:59
Ilustrasi, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin. Finlandia tercatat sebagai negara paling bahagia di dunia berdasarkan laporan yang dikeluarkan World Happiness Report.
TWITTER @MarinSanna
Ilustrasi, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin. Finlandia tercatat sebagai negara paling bahagia di dunia berdasarkan laporan yang dikeluarkan World Happiness Report.

Mengukur kebahagian suatu negara jelas bukan merupakan pekerjaan yang mudah, karena tidak ada standar yang baku untuk mengukurnya. Namun, hal ini bukan sesuatu yang mustahil. Sebab, ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk melihat secara umum apakah penduduk atau masyarakat suatu negara merasa bahagia atau tidak. Beberapa indikator yang dimaksud misalnya terkait kualitas layanan kesehatan, harapan hidup, dan kebebasan.

Selama sembilan tahun terakhir, World Happiness Report merilis laporan mengenai tingkat kebahagian negara-negara di dunia. Selain menggunakan data-data biasa, World Happiness Report juga memasukkan faktor Covid-19 dalam perhitungan.

Berdasarkan laporan yang dirilis World Happiness Report tahun lalu, Finlandia menempati urutan pertama negara paling bahagia di dunia. Para peneliti melakukan analisis menggunakan data dari 149 negara selama 3 tahun terakhir. Dari analisis tersebut, Finlandia terpilih menjadi negara paling bahagia di dunia.

Beberapa indikator yang menjadi pertimbangan terdiri dari enam kategori, yakni produk domestik bruto per kapita, tingkat harapan hidup, kebebasan membuat pilihan sendiri, dan dukungan sosial. Selain itu, kategori masuk negara paling bahagia adalah masyarakat yang hidup layak dan tingkat korupsi rendah.

Advertisement

Mengutip dari worldpopulationreview.com, negara di Eropa Utara seperti Finlandia berada di urutan tertinggi. Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia selama 4 tahun berturut-turut.

Skor keseluruhan Finlandia mencapai 7.842, diikuti negara di Eropa seperti Denmark (7.620), Swiss (7.571), Islandia (7.554), Belanda (7.464), Norwegia (7.392 ), dan Swedia (7.363).

Sementara itu negara paling tidak bahagia di dunia adalah Afganistan. Tahun lalu, Afghanistan dilaporkan sebagai negara paling tidak bahagia karena tingkat harapan hidup rendah dan produk domestik bruto perkapita rendah. Sementara, di peringkat lima terbawah negara paling tidak bahagia diisi oleh Zimbabwe (3.145), Rwanda (3.415), Botswana (3.467), dan Lesotho (3.512).

Negara Paling Bahagia di Dunia

1. Finlandia

Finlandia berada di peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia. Tahun lalu, Finlandia mencatatkan skor 7.84 dari 10. Faktor yang membuat Finlandia menjadi negara bahagia karena negara ini memiliki tingkat korupsi rendah dan masyarakat memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan sendiri. Kedua faktor ini menjadi penilaian kuat untuk negara bahagia.

2. Denmark

Denmark menempati urutan kedua sebagai negara paling bahagia di dunia setelah Finlandia, dengan skor 7,62 . Kategori Denmark menjadi negara bahagia karena pendapatan perkapita, korupsi rendah, dan masyarakat hidup makmur. Kategori diatas membuat Denmark berada di peringkat kedua negara paling bahagia.

3. Swiss

Urutan ketiga negara paling bahagia di dunia adalah Swiss, dengan skor 7,57 dari 10. Negara di benua Eropa ini juga masuk kategori negara paling sehat. Penyebabnya karena jumlah tingkat obesitas paling rendah dan harapan hidup panjang untuk masyarakat.

Selain itu gaji rata-rata penduduk negara Swiss 75% lebih tinggi dari Amerika Serikat. Swiss menjadi negara penduduk perkapita tertinggi di dunia. Negara Denmark, Islandia, dan Swiss juga masuk sebagai negara teraman di dunia.

4. Islandia

Islandia berada di urutan keempat sebagai negara paling bahagia di dunia. Skor kebahagiaan Islandia mencapai 7,55 dari 10. Islandia memiliki dukungan sosial tinggi dan skor kedermawanan. Dukungan sosial bahkan lebih tinggi dari Finlandia, Norwegia, dan Denmark.

5. Belanda

Urutan kelima ditempati Belanda dengan skor 7,46. Belanda juga mendapatkan skor tinggi karena tingkat korupsi rendah.

6. Norwegia

Norwegia berada di urutan keenam sebagai negara paling bahagia di dunia. Skornya mencapai 7,39 dari 10. Pemerintah Norwegia dinilai peduli pada masyarakatnya, melalui pemberian perawatan kesehatan dan kuliah gratis.

Gaya hidup antara kerja dan kehidupan negara Norwegia juga seimbang. Rata-rata pekerja di Norwegia bekerja selama 38 jam perminggu. Sementara, di Amerika Serikat waktu bekerja mencapai 41,5 jam per minggu.

Indeks kebahagiaan juga didapat dari tingkat kejahatan yang rendah rendah, korupsi rendah, dan kebersamaan kuat antar warganya.

7. Swedia

Posisi ketujuh ditempati Swedia dengan skor 7,363. Skor korupsi rendah Swedia berada di urutan tertinggi mengalahkan Finlandia dan Denmark. Selain itu harapan hidup masyarakat cukup tinggi.

Negara Paling Bahagia di Asia

Negara paling bahagia di Asia adalah Bhutan. Menurut worldpopulationreview.com, Bhutan memberi inspirasi pada dunia untuk menerapkan prinsip kesehatan dan kebahagiaan. Bhutan berada di Asia Selatan berbatasan dengan India, Tibet, Cina, dan Nepal.

Negara Bhutan memberi pengaruh pada kebijakan politik dan jaminan suara pada masyarakat. Negara Bhutan juga menghargai lingkungan sehingga membatasi pariwisata. Upaya pembatasan pariwisata ini untuk melindungi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait