25 Kata-kata Motivasi Belajar untuk Menambah Semangat

Image title
14 April 2022, 18:21
Kata-kata motivasi belajar
Unsplash/Green Chameleon
Ilustrasi, proses belajar. Dalam aktivitas belajar, tak jarang seseorang membutuhkan motivasi di luar tujuan yang ingin ia capai. Di sini peran kata-kata motivasi bisa berguna untuk melecut semangat belajar.

Kata-kata motivasi belajar akan sangat membantu, terutama ketika Anda tengah malas untuk belajar dan mencoba hal baru. Belajar tidak hanya dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa. Kegiatan ini bisa dilakukan siapapun tanpa harus melihat latar belakang dan usia.

Belajar adalah salah satu cara paling efektif untuk memperoleh ilmu atau kemampuan baru. Belajar tidak melu-melu membahas materi di sekolah. Mulai dari lingkungan rumah, tempat kerja, sampai aktivitas orang lain dapat menjadi suatu hal yang dapat kita pelajari.

Kata-kata motivasi belajar akan sangat berguna bagi Anda untuk tetap mencoba dan memahami sesuatu. Misalnya Anda sedang tertarik dengan dunia bisnis, maka Anda bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bidang itu. Sekali lagi, belajar tidak hanya membahas materi-materi di bangku sekolah.

Berikut ini Katadata.co.id sudah merangkum kumpulan kata-kata motivasi belajar yang bisa menjadi pemantik agar Anda mau mencoba hal baru. Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini.

Kumpulan Kata Motivasi Belajar yang Bermakna Mendalam

Rangkaian kalimat yang bermakna mendalam pada sebuah buku ataupun novel, biasanya akan meninggalkan kesan bagus bagi pembacanya. Termasuk salah satunya adalah kata-kata motivasi belajar.

Kata-kata motivasi belajar bisa Anda temukan dalam buku biografi tentang tokoh terkenal, cuplikan film favorit, atau bahkan dari orang terdekat Anda.

Kumpulan kata-kata motivasi belajar yang berasal dari tokoh terkenal contohnya, bisa memberikan inspirasi bagi Anda. Sebab, sebagian orang sukses di luar sana juga mungkin pernah terinspirasi dari tokoh-tokoh tersebut.

Dikutip dari Dashe.com berikut kumpulan kata-kata motivasi belajar yang akan menginspirasi Anda:

  1.  “Menjadi mahasiswa itu mudah. Belajar membutuhkan kerja nyata.”- William Crawford.
  2. "Belajar tanpa keinginan merusak ingatan, dan tidak menyimpan apa pun yang diperlukan." - Leonardo da Vinci.
  3. “Tujuan besar pendidikan bukanlah pengetahuan tetapi tindakan.”-Herbert Spencer.
  4. “Jika Anda berpikir pendidikan itu mahal, coba perkirakan biaya ketidaktahuan.”-Howard Gardner.
  5. “Pendidikan tanpa aplikasi hanyalah hiburan.”-Tim Sanders.
  6. “Resep tidak memberi tahu Anda apa-apa. Teknik belajar adalah kuncinya.”-Tom Colicchio.
  7. "Laut yang tenang tidak menghasilkan pelaut yang terampil."- Peribahasa Afrika.
  8. “Tanaman membutuhkan akar untuk tumbuh. Dengan manusia sebaliknya: hanya ketika dia tumbuh dia memiliki akar dan merasa betah di dunia."- Eric Hoffer
  9. "Tindakan muncul jika dan hanya jika kita menemukan perbedaan antara apa yang kita alami dan apa yang ingin kita alami."- Philip J. Runkel.
  10. "Pendidikan bukanlah mengisi panci tetapi menyalakan api."- WB Yeats.
  11. "Seorang guru adalah orang yang membuat dirinya semakin tidak perlu."- Thomas Carruthers.
  12. "Saya menyadari bahwa menjadi master karate bukan tentang mempelajari 4.000 gerakan, tetapi tentang melakukan beberapa gerakan 4.000 kali."- Chet Holmes.
  13. "Kunci untuk mengejar keunggulan adalah merangkul proses pembelajaran organik jangka panjang, dan tidak hidup dalam keadaan statis, aman biasa-biasa saja. Biasanya, pertumbuhan datang dengan mengorbankan kenyamanan atau keamanan sebelumnya."- Josh Waitzkin.
  14. “Hiduplah seolah-olah kamu akan mati besok. Belajarlah seolah-olah Anda hidup selamanya.”- Mahatma Gandhi.
  15. “Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak hal yang akan Anda ketahui. Semakin banyak yang Anda pelajari, semakin banyak tempat yang akan Anda kunjungi.”- Dr. Seuss.
  16. “Katakan padaku dan aku lupa, ajari aku dan aku mungkin ingat, libatkan aku dan aku belajar.”- Benjamin Franklin.
  17. “Perubahan adalah hasil akhir dari semua pembelajaran sejati.”- Leo Buscaglia.
  18. “Belajar tidak pernah melelahkan pikiran.”- Leonardo da Vinci.
  19. “Untuk hal-hal yang harus kita pelajari sebelum kita dapat melakukannya, kita belajar dengan melakukannya.”- Aristoteles.
  20. “Pembelajaran tidak dicapai secara kebetulan, itu harus dicari dengan semangat dan diperhatikan dengan ketekunan.”- Abigail Adams.

Kata-Kata Bijak dari Tokoh Indonesia

  1. “Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha.“ - B.J Habibie 
  2. “Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang.“- Soekarno
  3. “Masa depan memang tidak pasti, tapi kalo kita belajar dengan bekerja keras, kita akan sukses.“ - Mario Teguh.
  4. “Bila memiliki banyak harta, kita akan menjaga harta. Namun, jika kita memiliki banyak ilmu, maka ilmulah yang akan menjaga kita.“ - AA Gym
  5. “Lakukan! Kalau Anda sukses Anda berbahagia, kalau Anda gagal Anda belajar.“ - Mario Teguh.

Kata-kata Bijak untuk Motivasi Semangat Belajar

Mempelajari sesuatu membutuhkan komitmen dan kemampuan untuk melewati perasaan tidak nyaman karena malas belajar. Jika mengalami situasi seperti ini, Anda mungkin membutuhkan sedikit suntikan motivasi.

Motivasi belajar bisa datang dari mana saja. Namun, hal ini harus muncul dari dalam diri Anda sendiri. Sehingga Anda akan bersungguh-sungguh dalam mempelajari sesuatu.

Jika Anda membutuhkan kata-kata motivasi belajar yang menginspirasi, berikut daftarnya:

Dikutip dari Examstudyexpert.com, simak beberapa kata-kata bijak untuk motivasi belajar di bawah ini.

Mencoba Mencintai Hal yang Sedang Dipelajari

“Success is no accident. It is hard work, perseverance, learning, studying, sacrifice and most of all, love of what you are doing or learning to do.” - Pele, mantan pemain sepak bola asal Brazil.

Kutipan kata-kata di atas diucapkan oleh legenda hidup sepak bola Brazil, Pele. Seperti diketahui banyak orang, dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Berkat kontribusinya, Pele berhasil mengantarkan Brasil meraih 3 Piala Dunia secara berturut-turut. Bahkan pemain bintang sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, tidak bisa melakukannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...