8 Cara Mengatasi Bibir Hitam secara Alami

Image title
18 April 2022, 15:20
cara mengatasi bibir hitam secara alami
unspalsh.com
Ilustrasi, bibir hitam. Bibir hitam adalah kondisi dimana bibir berubah warna menjadi gelap. Penyebabnya beragam, seperti merokok dan gaya hidup buruk lainnya. Salah satu cara mengatasi bibir hitam secara alami adalah menerapkan pola hidup sehat.

Kecantikan wajah merupakan hal yang paling sering didambakan oleh wanita. Kulit putih dan bibir merah berseri, dianggap menjadi bagian dari kecantikan tersebut. Meskipun, saat ini standar kecantikan perempuan mulai berubah seiring berkembangnya zaman.

Berbicara soal bibir, umumnya kaum hawa ingin memiliki bibir yang terlihat merah. Namun, akibat gaya hidup kurang baik beserta faktor lainnya bisa saja membuat bibir terlihat menghitam dan tampak kusam.

Ada sejumlah cara mengatasi bibir hitam secara alami yang bisa Anda pakai, untuk menghilangkan kusam pada bibir. Apa saja? Berikut pembahasan lengkapnya.

Apa Penyebab Bibir Hitam?

Banyak faktor yang menyebabkan bibir menjadi lebih gelap dan terlihat hitam. Misalnya gaya hidup sehari-hari yang tidak menerapkan pola hidup sehat.

Kebiasaan buruk seperti konsumsi kafein dalam jumlah banyak, dan merokok bisa merubah bibir tampak lebih gelap. 

Menurut Healthline, merokok bisa mempercepat proses penuaan kulit, hingga menyebabkan kerutan. 

Nikotin dalam asap rokok menimbulkan penyusutan dan penyempitan pada pembuluh darah, serta mengurangi aliran darah dan membuat kulit kekurangan oksigen sekaligus nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. 

 Berkurangnya aliran darah akibat zat tersebutlah yang menyebabkan kulit bibir dan gusi menjadi gelap.

Selain hal di atas, beberapa kondisi medis tertentu dan faktor genetik juga dapat menyebabkan terjadinya bibir hitam.

Menjaga pola hidup sehat serta menghindari kebiasaan merokok, adalah salah satu cara mengatasi bibir hitam secara alami yang cukup efektif.

Tidak hanya itu, masih ada sejumlah cara mengatasi bibir hitam secara alami yang bisa Anda coba. Penjelasannya ada di bawah ini.

Apakah Bibir Hitam Bisa Hilang?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bibir hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Orang-orang yang memiliki kulit gelap, cenderung memiliki warna bibir yang tampak gelap juga. Itu artinya, bibir hitam bisa saja terjadi karena faktor genetik. 

Seperti warna kulit, warna bibir bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tidak ada warna kulit di bibir yang lebih sehat dari yang lain.

Bibir adalah bagian tubuh yang tidak menghasilkan kelenjar minyak. Berbeda dengan kulit wajah, kulit bibir sangat tipis dan halus. Oleh karena itu, perubahan warna bibir lebih mudah terjadi.

Sebagian orang masih menganggap warna bibir yang terlihat gelap dan hitam akan mengganggu penampilan, khususnya wanita. Perubahan warna pada bibir ini sering disebut sebagai hiperpigmentasi. Artinya, kondisi bibir sedang kelebihan melanin.

Beruntungnya kondisi ini tidak terlalu berbahaya. Selain itu, bibir yang berubah warna menjadi lebih gelap ternyata bisa dicerahkan kembali.

Jika Anda mengalaminya, mungkin sejumlah cara mengatasi bibir hitam secara alami bisa jadi solusinya.

Dikutip dari Medical News Today dan sumber lainnya, berikut cara mengatasi bibir hitam secara alami yang paling ampuh:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...