Menyongsong Mudik Lebaran 2022, Ini Daftar Rest Area di Tol Trans Jawa

Image title
19 April 2022, 14:51
daftar rest area di tol trans jawa
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Ilustrasi, rest area KM 57 Tol Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

Jalan tol merupakan infrastruktur penting yang bisa membantu memperlancar mobilitas masyarakat. Fasilitas publik ini seringkali digunakan dan menjadi pilihan masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran 2022.

Di Indonesia progres pembangunan jalan tol terus dikebut. Tujuannya tentu untuk menghubungkan jalur transportasi dari satu daerah ke daerah lain. Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sampai 13 Oktober 2020 jumlah jalan tol yang telah beroperasi mencapai 2.303,8 kilometer.

Terhubungnya jalur transportasi dengan adanya jalan tol, tentunya akan sangat membantu masyarakat yang  ingin melakukan mudik lebaran 2022. Salah satu jalan tol yang bakal ramai dilalui pemudik adalah Tol Trans Jawa.

Dibandingkan dengan jalur arteri, jalan Tol Trans Jawa memiliki banyak kelebihan. Misalnya terdapat sejumlah rest area dengan beragam fasilitas di dalamnya. Rest area ini bisa digunakan oleh masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran 2022, sebagai tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanannya.

Lantas apa saja daftar rest area di Tol Trans Jawa yang bisa digunakan masyarakat pada momen mudik lebaran 2022? Simak penjelasannya berikut ini.  

Mengenal Tipe Rest Area di Tol Trans Jawa

Mudik lebaran 2022 sudah diperbolehkan oleh pemerintah dengan sejumlah aturan perjalanan terbaru yang harus dipatuhi masyarakat. Informasi ini menjadi angin segar bagi masyarakat, karena pada tahun 2020 dan 2021 aktivitas mudik sempat dilarang. Hal ini karena adanya tren kasus Covid-19 yang melonjak pada saat itu.

Untuk melaksanakan mudik lebaran 2022, masyarakat dapat memilih sejumlah moda transportasi umum. Meski demikian, sepertinya berkendara menggunakan motor atau mobil pribadi masih menjadi pilihan favorit masyarakat.

Khusus pengguna mobil pribadi, mereka akan lebih memilih mudik lebaran 2022 melalui jalan tol. Di pulau Jawa kita mengenal nama Tol Trans Jawa.

Merujuk databooks, Tol Trans Jawa adalah jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini dengan panjang 1.056,38 km yang terbagi dalam 20 ruas. Jalan tol tersebut menghubungkan jalur dari Merak (Banten) hingga Probolinggo (Jawa Timur).

Selain dikenal sebagai jalan tol terpanjang, Tol Trans Jawa juga mempunyai sejumlah fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat pada momen mudik lebaran 2022 nanti. Salah satu fasilitas terbaik di jalur tol ini adalah keberadaan rest area.

Rest area di Tol Trans Jawa memiliki peranan yang sangat penting. Sebab, tempat ini bisa dipakai untuk beristirahat ketika pengendara merasa lelah setelah perjalanan panjang.

Rest area di Tol Trans Jawa memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Contohnya beberapa rest area di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Saat melewati jalan tol yang memiliki panjang mencapai 116 kilometer ini, pengendara dapat beristirahat sejenak di delapan rest area.

Sebagai catatan, rest area yang ada di sepanjang jalur Tol Trans Jawa dibagi menjadi beberapa tipe. Lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Rest Area Tipe A

Rest area tipe A memiliki fasilitas umum paling lengkap. Di tempat ini terdapat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), area parkir, tempat ibadah, tempat makan, anjungan tunai mandiri (ATM), toilet umum, minimarket, dan lainnya.

Rest Area Tipe B

Luas rest area tipe B umumnya lebih kecil daripada tipe A. Selain itu, di rest area ini tidak ada SPBU. Meski demikian, masih ada fasilitas umum yang dapat digunakan pengendara seperti area parkir, tempat ibadah, minimarket, toilet umum, tempat makan, dan ATM.

Daftar Rest Area di Tol Trans Jawa

Sebagai jalan tol terpanjang dan akan digunakan masyarakat pada mudik lebaran 2022, Tol Trans Jawa diketahui memiliki 77 rest area. Mengutip dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan sumber lainnya, berikut daftar rest area di Tol Trans Jawa yang perlu diketahui:

  • Jalan Tol Merak – Tangerang

Rest area: KM 42 A, KM 43 B, KM 45 B, KM 68 A, dan KM 68 B.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...