Kelangkaan Adalah Kondisi Terbatasnya Sumber Daya, Ini Penyebabnya

Image title
22 April 2022, 14:37
kelangkaan adalah
ANTARA FOTO/Rahmad/YU
Ilustrasi, sejumlah kendaraan mengantre di salah satu stasion pengisian bahan bakar umum (SPBU). Antrean panjang terjadi karena adanya kelangkaan solar.

Dalam ilmu ekonomi, kelangkaan (scarcity) termasuk masalah pelik yang dapat menghambat kelancaran kegiatan ekonomi suatu negara. Pasalnya, setiap barang dan jasa dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia dan barang serta jasa tersebut dihasilkan manusia dengan mengombinasikan berbagai sumber daya. Sehingga, jika terjadi kelangkaan, kebutuhan manusia jadi tidak dapat terpenuhi.

Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan adalah kondisi di mana manusia dihadapkan pada sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.

Dari pengertian tersebut, ada dua hal yang mesti diperhatikan. Pertama adalah sumber daya ekonomi bersifat terbatas dan kedua adalah pemenuhan kebutuhan memerlukan sumber daya ekonomi yang tidak terbatas.

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Mengutip buku “Ekonomi” oleh Alam S, kelangkaan semakin nyata ketika manusia ingin memanfaatkan sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan keterampilan kewirausahaan.

1. Kelangkaan sumber daya alam

Sumber daya alam digunakan dalam proses industri dan jasa. Sumber daya alam, misalnya tanah, adalah sumber daya ekonomi yang langka karena jumlahnya relatif tetap, sedangkan kebutuhan akan tanah terus meningkat.

Kelangkaan tanah terutama terjadi di daerah perkotaan. Seiring bertambahnya jumlah penduduk kota, tak sedikit tanah kosong yang mulai beralih fungsi menjadi perumahan, tempat perbelanjaan, perkantoran, dan sebagainya. Akibat ruang terbuka semakin sulit ditemukan, yang berdampak salah satunya pada anak-anak, yang terpaksa memanfaatkan jalan raya sebagai tempat bermain.

Kelangkaan sumber daya alam dapat memengaruhi rantai persediaan lokal maupun global. Contohnya, suatu pabrik kertas yang membutuhkan bahan bakar minyak untuk menjalankan proses produksi, sulit memenuhi kebutuhannya akibat persediaan bahan bakar minyak menipis. Alhasil, pabrik kertas tersebut terpaksa membeli minyak dari wilayah lain, yang mengakibatkan peningkatan ongkos transportasi.

2. Kelangkaan tenaga kerja

Dalam perencanaan pembangunan dan pengelolaan industri sering kali terjadi kekurangan tenaga ahli. Karena persediaan tenaga ahli langka, biayanya pun menjadi terlampau mahal. Sebagai contoh, di suatu negara terjadi kelangkaan sumber daya manusia pada sektor konstruksi dan mesin pertambangan. Hal tersebut terjadi lantaran banyak anak muda di negara tersebut yang lebih tertarik bekerja di sektor otomotif yang tengah berkembang di negara tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...