Pembagian Ilmu Ekonomi Beserta Prinsip-Prinsipnya

Image title
29 September 2021, 16:10
pembagian ilmu ekonomi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ilustrasi uang dolar.

Pembagian ilmu ekonomi dalam dilakukan lantaran ruang lingkup pembahasan ekonomi begitu luas dan beragam. Untuk itu, ilmu ini dipecah agar pengkajiannya menjadi lebih spesifik dan tidak melebar.

Namun, sebelum menuju ke pembahasan utama terkait pembagian ekonomi, ada baiknya untuk menyegarkan kembali ingatan dengan pengertian ekonomi. 

Pengertian ekonomi dapat disimpulkan sebagai studi tentang bagaimana sumber daya yang langka atau terbatas digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas.

Sementara itu, ekonom Amerika Serikat pertama, sekaligus pemenang Nobel Memorial Prize, Paul A. Samuelson menyimpulkan ekonomi sebagai suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa menggunakan uang. Itu juga meliputi cara menggunakan sumber daya produksi yang terbatas, namun dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu, dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau masa mendatang.

Pembagian Ilmu Ekonomi Beserta Contohnya

Berdasarkan buku Ekonomi oleh Alam S, ilmu ekonomi dibedakan menjadi tiga kelompok dasar, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan.

1. Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif mengumpulkan informasi faktual terkait masalah ekonomi. Kelompok ekonomi ini menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat.

Ekonomi deskriptif memberikan keterangan terkait pengidentifikasian, pendefinisian, kompilasi informasi, pengukuran fenomena, dan pengumpulan data. Kegiatan ini memungkinkan seseorang memperoleh sejumlah pengetahuan terkait fakta atau data empiris, seperti jumlah angkatan kerja atau struktur serikat buruh.

2. Teori Ekonomi

Teori ekonomi berusaha menggeneralisasi data-data ekonomi dan memberikan interpretasi atas data tersebut. Studi ini merupakan kumpulan asas atau hukum ekonomi yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kebijakan ekonomi.

Kelompok ilmu ekonomi ini bertugas menerangkan hubungan antara peristiwa ekonomi yang satu dengan lainnya, serta merumuskannya dalam suatu hukum atau teori ekonomi. Teori ini merupakan kerangka konsep yang berasal dari data-data konkret bersifat umum.

Teori ekonomi terbagi menjadi dua, yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro.

  • Ekonomi makro khusus membahas mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Teori ini meneliti fenomena ekonomi yang luas, seperti tingkat pengangguran, inflasi, hingga resesi yang melanda suatu negara. Tujuannya, untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi, merumuskan, dan memperbaiki kebijakan yang berlaku.
  • Sebaliknya, ekonomi mikro merupakan ilmu yang mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi, atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

 2. Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif. Kelompok ekonomi ini dipandang sebagai sarana untuk solusi bagi masalah-masalah praktis.

Selain pengelompokan di atas, ilmu ekonomi juga dapat dibagi menjadi delapan cabang, yakni:

  • Ilmu ekonomi moneter

Cabang ini membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Ada juga aspek-aspek yang berkaitan secara langsung maupun tidak langung, dengan hal-hal tersebut seperti tingkat suku bunga, jumlah uang beredar, hingga inflasi.

  • Ilmu ekonomi publik

Ilmu ekonomi publik merupakan cabang ilmu yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian, seperti APBN, APBD, pajak, atau utang pemerintah.

  • Ilmu ekonomi industri

Cabang ini fokus membahas interaksi berbagai perusahaan dalam suatu industri, baik berupa persaingan usaha atau kinerja perusahaan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...