16 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Tahan Lama untuk Lebaran

Dwi Latifatul Fajri
25 April 2022, 14:17
Oleh-Oleh Khas Surabaya
Instagram/nichonyc
Ilustrasi, Kue Blinjo yang merupakan salah satu contoh oleh-oleh khas Surabaya.

Kota Surabaya memiliki wisata dan makanan khas untuk dicoba. Kota Pahlawan ini memiliki makanan khas seperti lontong balap, rujak cingur, nasi rawon, dan masih banyak lagi.

Mendekati hari lebaran, masyarakat biasanya menghabiskan waktu liburan dan mencari oleh-oleh. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal dan belum ada di daerah anda.

Contoh oleh-oleh khas Surabaya yang tahan lama yaitu almond crispy, keripik buah, souklat Suroboyo, dan spikoe. Anda bisa mengunjungi tempat khusus yang menjual oleh-oleh khas Surabaya. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya.

Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Tahan Lama

1. Bandeng Asap

Surabaya memiliki beragam jenis ikan yang dikonsumsi. Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang tahan lama yaitu bandeng asap.

Ikan bandeng dimatangkan melalui proses pengasapan. Sehingga ikan bandeng ini lebih awet untuk dibawa oleh-oleh. Anda bisa membeli jenis bandeng asap yang teksturnya lebih lunak.

2. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep termasuk hidangan populer di Kota Surabaya. Anda bisa membeli daging bebek dan daging ayam yang sudah dibumbui.

Supaya awet olahan daging ayam dan bebek ini diungkep bersama bumbu pilihan. Sehingga ketika dikemas dalam plastik, bumbu meresap dalam daging.

Bebek dan ayam djangkep yang telah dibumbui ini bisa bertahap selama kurang lebih 2 bulan. Anda bisa membeli olahan daging bebek bumbu kuning dan bebek betutu khas Surabaya.

3. Kerupuk Ikan Kenjeran

Jika anda pergi ke toko yang menjual oleh-oleh, dapat menemukan berbagai kerupuk olahan. Selain kerupuk ikan kenjeran ada juga kerupuk udang, kerupuk rumput laut, kerupuk kerang, dan masih banyak lagi. Anda bisa membeli jenis kerupuk matang dan mentah untuk oleh-oleh.

4. Kue Blinjo

Kue Blinjo termasuk jenis kue kering khas Surabaya. Kue ini bentukya bulat seperti kue nastar. Tetapi kue ini terbuat dari emping blinjo asli. Sehingga menghasilkan citarasa gurih, manis, dan lembut.

5. Rambak Sapi

Rambak sapi terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan. Kerupuk rambak sapi banyak dijual di Surabaya. Anda bisa membeli rambak sapi rasa asin, pedas gurih, atau pedas. Kerupuk ini cocok sebagai camilan ketika makan dan bersantai.

6. Suoklat Suroboyo

Jika anda menyukai makanan manis, oleh-oleh khas yang cocok adalah Suoklat Surabaya. Oleh-oleh khas ini dapat dibeli di Suoklat Cafe Surabaya.

Kafe inimenyediakan beragam coklat termasuk coklat khas Surabaya. Varian rasa suoklat yaitu tiramisu praline, green team mengo, dan stroberry.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...