8 Oleh-Oleh Khas Bandung dari Tradisional hingga Kekinian

Image title
22 Desember 2021, 10:01
Comro, salah satu oleh-oleh khas Bandung
dkp.bogorkab.go.id
Comro, salah satu oleh-oleh khas Bandung

Kota Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat. Letaknya yang dikelilingi pegunungan berdampak pada suhu yang sejuk dan lembap. Oleh sebab itu, terdapat banyak wisata alam Bandung yang terkenal.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, jumlah wisatawan pada tahun 2020 mencapai 3,2 juta orang. Jumlah tersebut turun sekitar 50% dibandingkan pada tahun 2019 yang mencapai 7,4 juta wisatawan.

Hal tersebut merupakan dampak pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi mobilitas, termasuk berkunjung ke luar kota. Namun, bertambahnya vaksinasi dan penurunan kasus Covid-19 memberikan harapan bagi sektor pariwisata.

Sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata, Pemerintah Kota Bandung menerbitkan Calender of Event 2022 yang terdiri dari 78 acara untuk menarik minat para wisatawan.

"Harapannya, apa yang kita rencanakan, Allah berikan kemudahan dan kelancaran. Bisa terealisasi seiring membaiknya beberapa hal terutama mengenai masalah pandemi Covid-19." ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, dalam Humas.Bandung.go.id.

Bagi para wisatawan yang berencana berkunjung ke Kota Bandung, tak lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Kota Kembang ini menawarkan berbagai jenis buah tangan dengan harga yang bervariasi.

Selengkapnya, simak pilihan oleh-oleh khas Bandung berikut yang cocok dibawa pulang.

1. Wajit Cililin

Makanan ini memiliki cita rasa manis dan cocok dijadikan camilan. Wajit clilin dibuat dari beras ketan, kelapa, gula aren, dan gula putih. Beberapa variasi ditambah susu, mentega, cokelat, dan vanili.

Seluruh bahan diolah dan adonan disimpan selama 24 jam dalam wadah besar. Selanjutnya, adonan dibungkus menggunakan daun jagung kering dan dijemur di bawah sinar matahari. Oleh-oleh khas Bandung ini banyak dijual di toko sekitar Bandung dan Jawa Barat.

2. Comro

Comro adalah oleh-oleh khas Bandung yang terbuat dari parutan kelapa dan singkong. Makanan ini berbentuk oval dengan isi sambal yang terbuat dari oncom. Proses memasaknya digoreng dengan minyak hingga kecokelatan. Rasanya manis dan pedas.

Nama comro diduga berasal dari permainan kata “oncom di jero” yang artinya oncom (tempe fermentasi) di dalam. Comro tersedia di berbagai tempat di Bandung, salah satunya di Pasar Cisangkuy.

3. Bolu Bakar Tunggal

Bolu Bakar Tunggal dapat dibeli di kios yang terletak di Jalan Jend. Sudirman No.570-574, Dungus Cariang, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Oleh-oleh khas Bandung ini termasuk jajanan kekinian yang cocok dijadikan buah tangan.

Tersedia berbagai rasa yang bisa dipilih. Varian manis terdiri dari coklat, nanas, kacang, kelapa susu, stroberi, keju, durian, dan roombutter. Sedangkan varian gurih terdiri dari abon dan tuna yang juga bisa dicampur. Harganya mulai Rp27 ribu hingga Rp37.500.

Oleh-oleh khas Bandung ini cocok dipanasakan terlebih dahulu sebelum disantap.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...