10 Oleh-oleh Mudik dari Jakarta untuk Keluarga di Kampung Halaman

Siti Nur Aeni
25 April 2022, 10:55
Dodol Betawi, salah satu oleh-oleh mudik untuk sanak keluarga di kampung halaman.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Dodol Betawi, salah satu oleh-oleh mudik untuk sanak keluarga di kampung halaman.

Persiapan mudik Lebaran tidak sebatas menyiapkan kendaraan atau tiket saja. Biasanya, banyak juga pemudik yang menyiapkan oleh-oleh mudik untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman. Bagi Anda yang mudik dari Jakarta, berikut ini beberapa olah-oleh khas Jakarta yang bisa Anda bawa saat mudik ke kampung halaman.

Oleh-oleh untuk Pulang Kampung

1. Roti Buaya

Roti Buaya merupakan makanan khas dari Jakarta. Makanan ini biasanya ada dalam acara pernikahan adat Betawi. Selain disajikan saat pernikahan, roti buaya juga bisa menjadi oleh-oleh Lebaran dari Jakarta.

Roti dengan bentuk seperti hewan buaya ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Saat ini, Roti Buaya memiliki beragam isian, mulai dari keju, cokelat, hingga strawberry. Bagi Anda yang ingin membawa Roti Buaya sebagai oleh-oleh saat mudik, Anda bisa menemuinya di toko roti di Jakarta dengan harga mulai dari Rp15 ribu per buah.

2. Kue Geplak Betawi

Oleh-oleh Mudik khas Jakarta lainnya yaitu Kue Geplak Betawi. Sama seperti Roti Buaya, kue ini juga bisanya ada di pernikahan adat Betawi. Kue ini terbuat dari beras dengan warna putih kecokelatan. Kue Geplak Betawi ini tahan mulai dari tiga hingga tujuh hari, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat mudik.

Walau demikian, kue tradisional ini masih bisa bertahan lebih lama jika disimpan dalam lemari pendingin. Kue Geplak Betawi ini bisa ditemukan di pusat kuliner Betawi kawasan Babakan. Harganya dibanderol sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu tergantung dari ukuran kuenya.

3. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang memiliki bentuk menyerupai bunga dengan cita rasa manis dan gurih. Sebenarnya kue ini sudah mudah ditemui di beberapa daerah, namun Kue Kembang Goyang yang asli dari Jakarta memiliki rasa yang khas.

Kue ini dengan cara dicetak dan digoyang-goyangkan di atas penggorengan. Maka dari itu, tekstur kue ini renyah dan cocok menjadi camilan saat Lebaran. Harganya cukup terjangkau yakni hanya berkisar Ro15 ribu untuk ukuran ¼ kg.

4. Dodol Betawi

Oleh-oleh untuk pulang kampung lainnya yaitu Dodol Betawi. Makanan khas Jakarta ini memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis dan legit. Makanan ini cocok menjadi camilan saat hari raya atau menjadi hantaran ke saudara dan tetangga di kampung halaman.

5. Telur Gabus Keju

Telur Gabus Keju merupakan kue yang dibuat dari tepung, telur, dan keju. Sama seperti Kembang Goyang, Telur Gabus Keju juga dibuat dengan cara digoreng. Makanan yang satu ini juga sebenarnya mudah dijumpai di beberapa tempat, namun akan terasa semakin nikmat jika dibawa langsung dari daerah asanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...