10 Oleh-oleh Mudik dari Jakarta untuk Keluarga di Kampung Halaman

Oleh-oleh mudik menjadi hal yang banyak disiapkan menjelang pulang kampung. Bagi Anda yang mudik dari Jakarta, berikut beberapa oleh-oleh mudik khas Jakarta yang bawa untuk keluarga di kampung halaman
Image title
25 April 2022, 10:55
Dodol Betawi, salah satu oleh-oleh mudik untuk sanak keluarga di kampung halaman.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Dodol Betawi, salah satu oleh-oleh mudik untuk sanak keluarga di kampung halaman.

Persiapan mudik Lebaran tidak sebatas menyiapkan kendaraan atau tiket saja. Biasanya, banyak juga pemudik yang menyiapkan oleh-oleh mudik untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman. Bagi Anda yang mudik dari Jakarta, berikut ini beberapa olah-oleh khas Jakarta yang bisa Anda bawa saat mudik ke kampung halaman.

Oleh-oleh untuk Pulang Kampung

1. Roti Buaya

Roti Buaya merupakan makanan khas dari Jakarta. Makanan ini biasanya ada dalam acara pernikahan adat Betawi. Selain disajikan saat pernikahan, roti buaya juga bisa menjadi oleh-oleh Lebaran dari Jakarta.

Roti dengan bentuk seperti hewan buaya ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Saat ini, Roti Buaya memiliki beragam isian, mulai dari keju, cokelat, hingga strawberry. Bagi Anda yang ingin membawa Roti Buaya sebagai oleh-oleh saat mudik, Anda bisa menemuinya di toko roti di Jakarta dengan harga mulai dari Rp15 ribu per buah.

2. Kue Geplak Betawi

Oleh-oleh Mudik khas Jakarta lainnya yaitu Kue Geplak Betawi. Sama seperti Roti Buaya, kue ini juga bisanya ada di pernikahan adat Betawi. Kue ini terbuat dari beras dengan warna putih kecokelatan. Kue Geplak Betawi ini tahan mulai dari tiga hingga tujuh hari, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat mudik.

Advertisement

Walau demikian, kue tradisional ini masih bisa bertahan lebih lama jika disimpan dalam lemari pendingin. Kue Geplak Betawi ini bisa ditemukan di pusat kuliner Betawi kawasan Babakan. Harganya dibanderol sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu tergantung dari ukuran kuenya.

3. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang memiliki bentuk menyerupai bunga dengan cita rasa manis dan gurih. Sebenarnya kue ini sudah mudah ditemui di beberapa daerah, namun Kue Kembang Goyang yang asli dari Jakarta memiliki rasa yang khas.

Kue ini dengan cara dicetak dan digoyang-goyangkan di atas penggorengan. Maka dari itu, tekstur kue ini renyah dan cocok menjadi camilan saat Lebaran. Harganya cukup terjangkau yakni hanya berkisar Ro15 ribu untuk ukuran ¼ kg.

4. Dodol Betawi

Oleh-oleh untuk pulang kampung lainnya yaitu Dodol Betawi. Makanan khas Jakarta ini memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis dan legit. Makanan ini cocok menjadi camilan saat hari raya atau menjadi hantaran ke saudara dan tetangga di kampung halaman.

5. Telur Gabus Keju

Telur Gabus Keju merupakan kue yang dibuat dari tepung, telur, dan keju. Sama seperti Kembang Goyang, Telur Gabus Keju juga dibuat dengan cara digoreng. Makanan yang satu ini juga sebenarnya mudah dijumpai di beberapa tempat, namun akan terasa semakin nikmat jika dibawa langsung dari daerah asanya.

Harga camilan ini juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp20 saja untuk membawa satu pack Telur Gabus Keju.

6. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa terbuat dari tepung ketan, tepung beras, dan santan. Rasa yang gurih dan tekstur yang renyah membuat kue yang satu ini cocok menjadi camilan saat Lebaran. Oleh-oleh mudik ini bisa Anda beli di beberapa tempat dengan harga yang cukup terjangkau.  

7. Semprong

Semprong juga termasuk oleh-oleh Lebaran yang berasal dari Jakarta. Kue kering ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Semprong terbuat dari telur, tepung besar, tepung tapioka, gula, santan, mentega, dan bubuk kayu manis.

Kue Semprog memiliki bentuk yang cukup bervariasi, mulai dari segitiga, persegi panjang, dan silinder. Saat ini, Semprong bahkan memiliki isian seperti cokleat dan green tea sehingga rasanya semakin nikmat.

8. Biji Ketapang

Biji Ketapang merupakan kue Lebaran yang banyak disukai karena rasanya yang gurih dan manis. Disebut sebagai Biji Ketapang karena kue ini memiliki bentuk yang kecil dan sedikit lonjong, seperti biji ketapang. Kue ini ternyata termasuk makanan khas Betawi, sehingga cocok menjadi oleh-oleh mudik untuk kelurga di kampung halaman.

9. Bir Pletok

Bir Pletok merupakan minuman khas Betawi. Walaupun namanya “bir”, namun minuman ini tidak memabukan. Pasalnya minuman tradisional ini tidak mengandung alkohol. Minuman ini terbuat dari beragam rempah seperti jahe, daun pandan wangi, dan serat.

Kandungan rempah yang beragam membuat Bir Pletok berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Harga Bir Pletok ini cukup mudah, hanya sekitar Rp10 ribu untuk satu botol Bir Pletok ukuran 250 ml.

10. Batik Betawi

Oleh-oleh mudik tidak hanya berupa makanan atau minuman saja. Cendera mata seperti kain atau kerajinan juga bisa menjadi oleh-oleh saat mudik. Jika Anda mudik dari Jakarta, Anda bisa membawa Batik Betawi.

Kain tradisional ini memiliki motif yang cantik, seperti pencakar langit, salangkanagara, dan jali-jali. Selain memiliki motif yang cantik, Batik Betawi juga memiliki filosofi yang mendalam. Untuk mendapatkan kain batik ini, Anda bisa membeli di sentra penjualan batik seperti di Thamrin City.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait