Memahami Cara Memahami Puisi dan Menganalisis Isinya

Image title
25 April 2022, 14:04
cara memahami puisi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi, Penyair Imam Ma'arif membacakan puisi yang dia tulis dalam buku Antologi Puisi Untuk Rindu Rendra di Gedung Teater Usmar Ismail, Jakarta.

Membahas puisi hampir tidak ada batasnya. Karya sastra yang digubah dengan kata-kata indah dan kaya makna ini memiliki daya tarik, mulai dari diksi, majas sampai persajakan tak luput dalam karya sastra  ini. Puisi biasanya disusun bait demi bait dengan pemadatan segala unsur bahasa atau biasa disebut dengan istilah konsentrif.

Kendati bersifat konsentrif, bentuk karya sastra yang satu ini kaya akan makna sebab terdapat banyak majas, kata-kata konotatif, dan kata-kata kias yang memiliki banyak makna atau tafsir.

Cara Memahami Puisi

Membahas tuntas puisi memang bukan perkara mudah. Hal ini dikarenakan puisi dilukiaskan pada pokok-pokoknya saja. Namun, ada beberapa cara untuk memahaminya, yaitu dengan kiat sebagai berikut yang dikutip dari buku “Bahasa Indonesia untuk SMA/MA” oleh Andi Prasetiyo dan Natalia Sri Sulanjari:

1. Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik puisi

Salah satu cara jitu untuk dapat memahami puisi adalah dengan mengidentifikasi unsur intrinsik (unsur dalam puisi) dan unsur ekstrinsik (unsur di luar puisi). Adapun unsur intrinsik yang bisa ditelusuri, antara tema, diksi, majas, pengimajinasian, dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik bisa digali dengan mencari tahu latar belakang pengarang, sosial, budaya, dan agama yang tersirat dalam isi puisi.

2. Membuat Parafrase

Parafrase adalah prosa yang dibuat berdasarkan isi puisi. Kegiatan ini berarti mengubah bentuk puisi yang berbait-bait ke dalam prosa yang berupa paragraf-paragraf. Adapun langkah untuk mengubah puisi ke dalam prosa adalah sebagai berikut:

  • Membuat penanda pertalian makna antarkata, antarbaris, dan antarbait (menambahkan kata-kata yang sengaja dihilangkan oleh pengarang).
  • Mencari makna setiap kata-kata konotatif atau lambang yang tertuang di dalam puisi.
  • Mengubahnya ke dalam bentuk prosa.

Dengan menggunakan cara di atas, langkah demi langkah, maka puisi menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Menganalisis Isi Puisi Berdasarkan Gambaran Pengindraan, Perasaan, Pikiran, dan Imajinasi

Puisi merupakan ungkapan perasaan dan pikiran pengarang. Ketika menggoreskan kata demi kata ke dalam puisi, biasanya pengarang membangun gambaran-gambaran tertentu dari hasil pengamatan maupun pengalamannya melalui diksi dan gaya bahasa yang indah. Gambaran ini akan menggugah dan menghidupkan pikiran serta perasaan.

1. Pengindraan atau pencitraan

Pengindraan atau pencitraan adalah gambaran penggunaan panca indra dan perasaan dalam puisi. Misalnya, indra pengelihatan, pendengaran, penciuman, perasa, peraba, dan pendengaran.

  • Citraan pengelihatan atau visual adalah citraan yang dihasilkan oleh panca indra pegelihatan. Sebagai contoh: sungai bersinar, menyilau mata.
  • Citraan pendengaran atau auditif adalah gambaran yang diperoleh dari indra pendengaran. Misalnya: terdengar pekik elang tua.
  • Citraan pencecapan adalah citraan yang dihasilkan oleh indra pencecapan, misalnya: kurasakan manisnya madu darah.
  • Citraan penciuman adalah kesan yang dihasilkan oleh indra penciuman. Misalnya: harum napasmu bak bunga kesturi.
  • Citraan perabaan atau termal adalah gambaran yang dihasilkan oleh indra peraba, misalnya: lembut belaimu...
  • Citraan perasaan alias taktil adalah citraan yang dihasilkan oleh perasaan batin, misalnya: hatiku remuk redam ketika kau ucap perpisahan itu.

Melalui citraan tersebut, seorang penyair atau pengarang puisi berusaha menggapai atau menggugah pembaca maupun pendengar puisi karangannya.

2. Perasaan

Perasaan, yaitu gambaran perasaan atau suasana hati penyair ketika menulis puisi, misalnya: senang, sedih, susah, bahagia, dan duka.

3. Pikiran

Pikiran, yaitu gambaran tanggapan penyair yang dituang dalam puisi, misalnya: harapan, gagasan, pendapat.

4. Imajinasi

Imajinasi, yaitu gambaran daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan atau menciptakan gambar-gambar kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang), misalnya: gambaran pemandangan yang indah sepanjang Bukit Barisan atau pengalaman menjelajah hutan belantara.

Contoh Puisi

Setelah memahami hakikat puisi serta cara memahami isi suatu puisi, berikut contoh puisi yang bisa digunakan untuk berlatih mengidentifikasi pengindraan yang terdapat dalam puisi.

“Penantian”

Oleh: Martha Y.T.

Kesunyian malam

Jeritan jangkrik

Nyanyian raja malam

Menghiasi gelapnya hari

Tanpa cahaya, tanpa suara

Langkah-langkah kaki

Menapak lesunya hati

Wahai raja malam

Teganya kau

Hai putri malam

Tampakan dirimu dengan kilaunya

Raja malam yang dinanti

Oh, raja malam

Siapa aku?

Putri, ratu, atau serpihan kaca

Yang mengharap dirangkai kembali

***

Masih Tersisa”

Karya: Taufiq Abi Sabda

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...