7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Makassar yang Tahan Lama

Makassar berada di provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar memiliki kue khas seperti kue gambung, mantau Makassar, dan bannang-bannag. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Makassar yang tahan lama.
Dwi Latifatul Fajri
9 Mei 2022, 10:29
oleh oleh khas Makassar
Instagram/girlsbeautyshop1
Ilustrasi, sirup Markisa yang menjadi salah satu oleh-oleh Khas Makassar.

Kota Makassar merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Tak hanya pusat pemerintahan, kota yang berada di kawasan timur Indonesia ini juga merupakan pusat perdagangan dan industri.

Namun, Makassar juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Contohnya, wisata pantai Losari yang menjadi ikon kota Makassar dan menjadi tempat berkumpul masyarakat, serta titik temu masyarakat pada malam perayaan tahun baru untuk menyaksikan kembang api.

Ketika berlibur ke Makassar, wisatawan juga bisa bisa membeli oleh-oleh khas Makassar, seperti kain Tenun Sengkang hasil kerajinan suku Bugis. Asal nama kain tenun berasal dari Kota Sengkang sebagai daerah penghasil sutera.

Selain Tenun Sengkang, wisatawan juga bisa membeli kerajinan kota Makassar lainnya, aksesoris khas Makassar, hiasan dinding, pakaian, dan gantungan kunci di tempat wisata.

Advertisement

Selain hasil kerajinan, wisatawan juga dapat memilih makanan dan minuman khas Makassar untuk buah tangan. Kota Makassar memiliki makanan berbeda dari daerah lain. Berikut rekomendasinya.

Oleh-oleh Khas Makassar

1. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang tahan lama. Anda bisa membeli kopi bubuk kemasan untuk cinderamata. Mengutip dari salsawisata.com, kopi Toraja termasuk kopi terbaik di Makassar.

Kopi ini ditanam di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl) pegunungan Sesean. Pegunungan ini merupakan tanah vulkanik, sehingga biji kopi dan rempah-rempah tumbuh subur. Kopi Toraja memiliki rasa dan aroma rempah yang khas.

2. Dangke

Dangke merupakan oleh-oleh khas Makassar yang terbuat dari susu sapi atau susu kerbau. Tak hanya susu, komposisi yang ada dalam Dangke adalah keju, yang menjadikan makanan ini unik.

Dangke dibuat dari susu sapi atau kerbau yang direbus terlebih dahulu. Proses perebusan ditambahkan getah pepaya supaya terpisah dari air. Proses ini membuat gumpalan susu menjadi lebih padat.

Kemudian gumpalan susu ini disaring dan dicetak menggunakan tempurung kelapa. Setelah itu gumpalan dibungkus menggunakan daun pisang. Dangke disebut juga keju tradisional khas Sulawesi. Makanan ini juga diolah menjadi keripik dangke oleh oleh khas Makassar kekinian.

3. Kacang Sembunyi

Kacang sembunyi merupakan makanan khas Makassar. Bahan utama kacang sembunyi adalah kacang tanah, kulit pangsit, atau terigu. Kacang tanah dimasukkan dalam adonan dan dibentuk panjang. Kemudian kacang tanah digoreng sampai berwarna kecoklatan.

Bahan lain dari kacang sembunyi adalah gula karamel. Setelah adonan digoreng, kacang sembunyi diberi gula karamel untuk penambah rasa manis. Selain gula karamel, kacang sembunyi memiliki rasa pedas manis dan gurih.

4. Mantau Makassar

Mantau Makassar adalah roti khas kabupaten Pare-Pare Makassar. Roti kukus ini bentuknya menyerupai bakpao. Ciri khas kue ini adalah bentuknya yang padat. Isi roti bagian dalam bisa beraneka ragam ada daging, coklat, dan rasa lain. Selain dikukus mantau Makassar dapat digoreng sesuai selera.

5. Sirup Markisa Makassar

Makassar termasuk daerah penghasil buah markisa. Anda dapat menemukan sirup markisa khas Makassar. Minuman ini tidak menggunakan pemanis buatan sehingga baik untuk tubuh. Sirup markisa ini terbuat dari sari buah markisa dan menggunakan gula alami.

Buah markisa baik untuk kesehatan karena kandungan vitamin C, antioksidan, beta karoten, serat, dan kalium. Buah markisa baik untuk meredakan diare, sakit kepala, dan kelelahan.

6. Kue Gambung

Kue ini berasal dari daerah Palopo, Sulawesi. Kue khas Makassar ini memiliki tekstur lembut dan manis. Kue Gambung menggunakan bahan tepung sagu, gula merah, dan parutan kelapa. Isian dalam kue selain kelapa bisa menggunakan krim buah durian dan buah-buahan lain.

7. Bannang-Bannang

Camilan khas Makassar selanjutnya adalah bannang-bannang. Kie ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Adonan kue dibentuk menyerupai kumpulan benang kusut, kemudian digoreng.

Kue bannang-bannang biasanya disajikan untuk acara lamaran dan pernikahan suku Bugis. Anda bisa membeli kue sebagai oleh-oleh di toko dan tempat wisata di kota Makassar.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait