9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Tegal

Kota Tegal termasuk jalur Pantura yang dilalui oleh pemudik. Anda bisa singgah untuk membeli oleh-oleh khas Tegal yang gurih seperti kerupuk tahu. Berikut rekomendasi lain oleh oleh khas Tegal.
Dwi Latifatul Fajri
2 Mei 2022, 10:40
oleh oleh Khas Tegal
Instagram/zonamakanan
Ilustrasi, Tahu Aci yang merupakan oleh-oleh khas Tegal

Kota Tegal berada di jalur Pantura untuk jalur mudik. Menjelang hari raya Idul Fitri, pemudik bisa menyempatkan singgah ke kota Tegal untuk membeli oleh-oleh.

Kota Tegal memiliki kuliner dan oleh-oleh khas. Makanan khas Tegal yang populer adalah keripik tahu. Keripik ini terbuat dari tahu kuning dan dibentuk bulat. Keripik tahu kemudian digoreng dalam wajan panas sampai berwarna coklat. Selain keripik tahu, berikut rekomendasi makanan khas Tegal yang gurih dan renyah.

Oleh Oleh Khas Tegal

1. Tahu Aci

Tahu Aci
Tahu Aci (Instagram/zonamakanan)

 

Kota Tegal memiliki beragam kuliner yang gurih dan renyah, salah satunya tahu aci. Makanan ini terbuat dari tahu dan isian aci atau tepung tapioka. Tahu Aci digoreng dalam wajan sampai menguning. Ketika dimakan tahu aci teksturnya kenyal dan padat.

Advertisement

2. Keripik Tahu

Kota Tegal dikenal dengan kuliner dari bahan tahu. Keripik tahu termasuk oleh-oleh khas Tegal populer. Makanan ini bisa dijadikan lauk atau kudapan. Keripik tahu terbuat dari tahu kuning, sehingga teksturnya lebih padat dari tahu putih. Hal ini membuat keripik tahu lebih padat dan tidak mudah hancur ketika digoreng.

3. Latopia

Latopia hampir mirip dengan bakpia khas Yogyakarta. Tetapi ukuran latopia lebih besar, berbentuk kotak, dan lebih tebal. Latopia memiliki cita rasa gurih dan renyah ketika dimakan. Varian rasa latopia antara lain coklat, susu, keju, durian, ketan hitam, dan kacang hijau.

4. Pilus

Pilus biasanya menjadi makanan pendamping nasi dan lauk. Pilus berukuran kecil, bentuknya bulat, dan warnanya putih. Rasa gurih dari pilus berasa dari daun bawang dan bumbu penyedap. Bahan membuat pilus yaitu tepung terigu, bumbu, daun kucai, dan kanji.

5. Kacang Bongares

Kacang Bogares
Kacang Bogares (Instagram/masakan.nusantara)

 

Kota Tegal memiliki kuliner khas disebut kacang bogares. Kacang ini mirip kacang telur berbentuk bulat dan berwarna coklat. Tetapi kacang bogares lebih gurih dan diberi bumbu.

Proses pembuatan kacang bogares membutuhkan waktu lama. Kacang tanah dipilih dari kualitas terbaik. Setelah dicuci dan direndam semalaman, kacang ini kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah itu kacang disangrai menggunakan pasir. Kacang dimasak dalam wajan lempung berisi pasir.

6. Tahu Pletok

Kuliner tahu khas kota Tegal selanjutnya adalah tahu pletok. Tahu ini seperti tahu goreng biasa. Tetapi bahan baku tahu ini ditambahkan tepung tapioka. Ukuran tahu pletok lebih lebar dari tahu goreng biasanya.

7. Kerupuk Antor

Proses pembuatan kerupuk antor menggunakan pasir tanpa minyak. Kerupuk antor ini menggunakan bahan dasar ubi kayu atau singkong. Adonan singkong dipotong tipis-tipis dan dijemur sampai kering.

Kemudian adonan kerupuk dimasak menggunakan pasir dalam wajan besar. Kerupuk antor sama sehatnya dengan kacang bongares.

8. Olos

Gorengan khas Kota Tegal yaitu olos. Makanan ringan khas Tegal ini memiliki rasa gurih dan pedas. Olos berbentuk bulat berwarna coklat. Awalnya isian dalam olos berupa potongan kol dan cabai. Kini, isian dalam olos beraneka macam ada telur puyuh, bakso, ayam, sosis, sampai keju.

9. Glotak Tulang Ayam

Glotak Tulang Ayam
Glotak Tulang Ayam (Instagram/andaryanismg123)

 

Glotak termasuk makanan khas Tegal yang unik. Makanan tradisional ini menggunakan tempe gembus dan campuran tulang ayam. Selain balungan, glotak bisa dicampur dengan ceker dan potongan daging.

Bahan seperti tempe dan tulang ayam kemudian dimasak. Bumbu yang dipakai antara lain lengkuas, gula, garam, miyak, bumbu kari, dan cabai. Bahan tersebut dimasak sampai tempe dan tulang ayam berubah warna coklat. Glotak memiliki kuah pedas seperti kari. Makanan ini biasanya dihidangkan sebagai lauk.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait