9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Tegal

Dwi Latifatul Fajri
2 Mei 2022, 10:40
oleh oleh Khas Tegal
Instagram/zonamakanan
Ilustrasi, Tahu Aci yang merupakan oleh-oleh khas Tegal

Kota Tegal berada di jalur Pantura untuk jalur mudik. Menjelang hari raya Idul Fitri, pemudik bisa menyempatkan singgah ke kota Tegal untuk membeli oleh-oleh.

Kota Tegal memiliki kuliner dan oleh-oleh khas. Makanan khas Tegal yang populer adalah keripik tahu. Keripik ini terbuat dari tahu kuning dan dibentuk bulat. Keripik tahu kemudian digoreng dalam wajan panas sampai berwarna coklat. Selain keripik tahu, berikut rekomendasi makanan khas Tegal yang gurih dan renyah.

Oleh Oleh Khas Tegal

1. Tahu Aci

Tahu Aci
Tahu Aci (Instagram/zonamakanan)

Kota Tegal memiliki beragam kuliner yang gurih dan renyah, salah satunya tahu aci. Makanan ini terbuat dari tahu dan isian aci atau tepung tapioka. Tahu Aci digoreng dalam wajan sampai menguning. Ketika dimakan tahu aci teksturnya kenyal dan padat.

2. Keripik Tahu

Kota Tegal dikenal dengan kuliner dari bahan tahu. Keripik tahu termasuk oleh-oleh khas Tegal populer. Makanan ini bisa dijadikan lauk atau kudapan. Keripik tahu terbuat dari tahu kuning, sehingga teksturnya lebih padat dari tahu putih. Hal ini membuat keripik tahu lebih padat dan tidak mudah hancur ketika digoreng.

3. Latopia

Latopia hampir mirip dengan bakpia khas Yogyakarta. Tetapi ukuran latopia lebih besar, berbentuk kotak, dan lebih tebal. Latopia memiliki cita rasa gurih dan renyah ketika dimakan. Varian rasa latopia antara lain coklat, susu, keju, durian, ketan hitam, dan kacang hijau.

4. Pilus

Pilus biasanya menjadi makanan pendamping nasi dan lauk. Pilus berukuran kecil, bentuknya bulat, dan warnanya putih. Rasa gurih dari pilus berasa dari daun bawang dan bumbu penyedap. Bahan membuat pilus yaitu tepung terigu, bumbu, daun kucai, dan kanji.

5. Kacang Bongares

Kacang Bogares
Kacang Bogares (Instagram/masakan.nusantara)

Kota Tegal memiliki kuliner khas disebut kacang bogares. Kacang ini mirip kacang telur berbentuk bulat dan berwarna coklat. Tetapi kacang bogares lebih gurih dan diberi bumbu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...